Keluhan Minyak Goreng Langka di OKU Timur, Ibu Rumah Tungga Kesulitan Memasak
Bupati OKU Timur, Lanosin Hamzah memantau persediaan minyak goreng (Foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG- Kelangkaan minyak goreng dikeluhkan oleh masyarakat Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Timur, Provinsi Sumatera Selatan . mendapat minyak goreng tersebut terjadi baik di pasar tradisional maupun swalayan di wilayah itu.

Pengakuan dari salah seorang ibu tangga, bernama Ida, salah seorang ibu rumah tangga warga OKU Timur di Martapura, Kamis, sejak beberapa pekan terakhir kesulitan membeli minyak goreng murah untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Setiap pasar ritel seperti Alfamart dan Indomaret tidak menjual minyak goreng dengan harga murah yang disubsidi pemerintah karena persediaannya terbatas.

"Kalaupun ada yang jual di pasar tradisional dengan harga Rp20.000- Rp24.000 per liter. Itupun stoknya terbatas," katanya.

Pasokan Minyak Goreng di OKU Timur

Sementara itu, menurut Yanto, salah seorang pemilik toko sembako di Pasar Martapura, mengaku saat ini sangat sulit mendapat pasokan minyak goreng dari distributor dalam jumlah besar.

Menurut Yanto, pengiriman minyak goreng dalam dua hanya mendapatkan 200 dus atau setara pekan 24 pcs kemasan 900 ml.

"Itu juga kami dapat dari pihak ketiga dengan modal Rp12.500 per liter," ujarnya.

Hal tersebut, Bupati OKU Timur, Lanosin Hamzah menegaskan, untuk mengatasi kelangkaan minyak goreng pemerintah daerah akan segera berkoordinasi dengan Pemprov Sumsel dan distributor minyak goreng yang ada di Palembang.

"Memang dari hasil sidak pasar pada Rabu (23/2) di beberapa toko sedang tidak memiliki persediaan minyak goreng karena pengiriman barang yang sangat terbatas," ujarnya.

Operasi Pasar Minyak Goreng OKU Timur

Oleh karena itu, bersiaplah berinisiatif segera menggelar pasar minyak goreng murah bersama Bulog setempat serta menggandeng produsen minyak di OKU Timur untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di wilayah itu.

"Terkait minyak goreng ini kami minta agar masyarakat jangan panik karena pemerintah segera mencarikan solusinya," tegasnya.

Ikuti terus berita dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel . Kami menyajikan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkap untuk Anda.