PPKM Diperpanjang; Luhut Sampaikan Makin Banyak Daerah yang Masuk Asesmen Level 3
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan/FOTO DOK VIA ANTARA

Bagikan:

PALEMBANG - Pemberlakuan Pembatasan Kegaitan Masyarakat (PPKM) di Jawa Bali diperpanjang lagi oleh pemerintah. Masa PPKM ditambah hingga seminggu ke depan mulai tanggal 22-28 Februari 2022.

Luhut Binsar Pandjaitan , Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, mengatakan bahwa daerah yang masuk dalam asesmen PPKM Level 3 semakin bertambah. Saat ini, semua kawasan aglomerasi di Jawa dan Provinsi Bali masuk Level 3.

"Selain itu juga mulai banyak Kabupaten Kota yang masuk ke asesmen Level 3 di antaranya Solo Raya dan Semarang Raya. Untuk wilayah aglomerasi Jabodetabek, Bali, DIY, Bandung Raya, Surabaya Raya, Malang Raya saat ini masih berada di Level 3," kata Luhut dalam konferensi pers virtual, Senin, 21 Februari.

PPKM Level 3 Diterapkan di Beberapa Wilayah

Rinciannya, kabupaten/kota yang masuk dalam agolmerasi Jabodetabek yakni Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi. Bandung Raya meliputi Kota Bandung, Kabupaten Bandung, Cimahi, dan Bandung Barat.

Semarang Raya meliputi Semarang, Kendal, Demak, Ungaran, dan Purwodadi. Surabaya Raya meliputi Surabaya, Gresik, Lamongan, Bangkalan, Mojokerto, dan Sidoarjo.

Kemudian DIY meliputi Yogyakarta, Sleman, Bantul, Kulon Progo, Gunung Kidul. Solo Raya yang meliputi Kota Solo, Sukoharjo, Boyolali, Klaten, Wonogiri, Karanganyar, Sragen.

Solo Raya meliputi Sukoharjo, Boyolali, Klaten, Wonogiri, Sukoharjo, Karanganyar, Sragen, dan Solo. Semua daerah di Provinsi Bali juga masuk dalam PPKM Level 3.

Penyebab Kenaikan Level PPKM di Indonesia

Rata-rata, kenaikan tingkat rawat inap di masing-masing daerah ini disebabkan oleh tingkat rawat inap rumah sakit yang meningkat.

"Terkait detail mengenai peraturan ini akan keluar dalam Inmendagri yang di sore ini," ucap dia.

Luhut juga menyebut saat ini mulai terdapat beberapa kabupaten/kota yang masuk dalam PPKM Level 4.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel. Kami selalu menghadirkan berita Sumatera Selatan terbaru dan terlengkap untuk anda!