Pembelajaran Tatap Muka Sudah Bisa Dibuka di Wilayah PPKM Level 3 di Luar Jawa-Bali
ILUSTRASI pembelajaran tatap muka (Foto dari ANTARA)

Bagikan:

PALEMBANG - Kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) diperpanjang oleh pemerintah selama dua pekan. PPKM level 4 , level 3, dan level 2 di luar Jawa-Bali berlangsung hingga 23 Agustus.

Namun, ada pelonggaran pada pertemuan kali ini yakin daerah yang masuk kategori level 3 sudah ada kegiatan belajar mengajar tatap muka dengan protokol kesehatan ketat.

"Perubahan pengaturan PPKM level 3 luar Jawa-Bali, kegiatan belajar mengajar dapat dilakukan tatap muka maksimal 50 persen," kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam konferensi pers secara virtual, Senin, 9 Agustus.

Wilayah di Luar Jawa yang Diterapkan PPKM Level 4

Airlangga mengatakan ada beberapa daerah yang mengalami perubahan tingkat PPKM. Seperti contohnya ada daerah yang turun dari level 4 ke level 3.

"Di luar Jawa ini level 4 ada 132 kabupaten/kota namun 45 kabupaten/kota yang kita tingkatkan tetap berada level empat. Level 3 ada 215 kabupaten/kota. Level 2 ada 39 kabupaten kota," ucapnya.

Airlangga mengatakan PPKM di luar Jawa-Bali diperpanjang selama dua pekan. Hal ini dilakukan karena kasus COVID-19 di wilayah Jawa sudah mengalami penurunan.

"Khusus di luar Jawa-Bali akan diberlakukan perpanjangan selama 2 minggu yaitu tanggal 10 sampai 23 Agustus, karena memang berbeda dengan pulau Jawa yang sudah menurun," tuturnya.

Aturan Jam Operasional Pusat Perbelanjaan pada PPKM Level 4

Selain sekolah tatap muka, Airlangga mengatakan, pusat perencanaan atau setempat diizinkan hingga pukul 20.00 waktu dengan maksimal 50 persen kapasitas dan wajib memakai masker.

Kemudian, khusus untuk restoran diizinkan makan di tempat dengan maksimum 50 persen dari total kapasitas dan protokol kesehatan ketat.

"Tempat ibadah diperbolehkan, maksimal 50 persen kapasitas atau 50 persen dengan prokes ketat," ujarnya.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel .