Pemkot Palembang Gencarkan Program Kampung Tangguh, Masyarkat Berinisiatif Berantas Narkoba
Kampung Tangguh di kawasan Jalan Lingkaran, Dempo Luar Palembang (Foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - Program kampung tangguh dikembangkan oleh Pemkot Palembang, Provinsi Sumatera Selatan, untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam berinisiatif mengatasi berbagai masalah. Kampung Tangguh digerakkan di 18 kecamatan.

Fitrianti Agustinda, Wakil Wali Kota Palembang, mengatakan kampung tangguh yang dibangun beberapa unit dalam dua tahun terakhir akan terus dikembangkan sehingga paling tidak pada setiap kecamatan terdapat satu kampung tangguh.

Dia menjelaskan, ada empat aspek kehidupan dalam kampung tangguh yakni kesehatan, ekonomi, sosial dan keamanan.

Dalam kondisi pandemi COVID-19 sekarang ini, masyarakat di kawasan permukiman yang mengembangkan konsep kampung tangguh diharapkan bisa menghadapi pandemi tersebut dengan baik seperti menerapkan protokol kesehatan (prokes) secara ketat dan menyukseskan program vaksinasi baik untuk anak usia sekolah hingga lansia, ujarnya.

Kampung Tangguh Narkoba di Palembang

Sementara Kabid Humas Polda Sumsel Kombes Pol.Supriadi menambahkan pihaknya juga mengembangkan konsep kampung tangguh untuk memberantas peredaran gelap dan penyalahgunaan narkoba di kawasan perkampungan/permukiman penduduk.

"Kampung tangguh adalah benteng dalam memerangi jaringan narkoba dan menyelamatkan generasi muda dari jeratan barang terlarang itu," ujarnya.

Dia menjelaskan, pihaknya berupaya membangun kampung tangguh narkoba di 17 kabupaten dan kota dalam wilayah hukum Polda Sumsel guna menekan penyalahgunaan dan peredaran gelap barang terlarang itu.

Gerakkan Kampung Tangguh Narkoba

Untuk membangun kampung tangguh narkoba, pihaknya menggandeng pemerintah kabupaten dan kota, tokoh agama, tokoh masyarakat, pemuda, serta pemangku kepentingan lainnya, katanya,

Semua pihak dan lapisan masyarakat di provinsi ini diharapkan berpartisipasi dalam pembangunan kampung tangguh narkoba, ujarnya.

Dengan adanya 'Kampung Tangguh Narkoba' diharapkan masyarakat memiliki daya cegah dan daya tangkal terhadap ancaman narkoba yang dapat merusak mental dan masa depan generasi muda penerus bangsa, kata Kabid Humas.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel.