Wisata Sungai Sekanak Lambidaro Palembang; Pemkot Ajak Warga Jaga Aset dan Fasilitas
Lampu taman Sungai Sekanak Lambidaro (Foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - Masyarakat Kota Palembang, Sumatera Selatan, diajak oleh pemkot setempat agar menjaga aset wisata sungai Sekanak Lambidaro yang diresmikan pada Sabtu (5/2).

Ratu Dewa, Sekda Palembang, menyampaikan aset wisata sungai yang perlu dijaga seperti taman, lampu hias, perahu dan fasilitas pendukung lainnya perlu dijaga bersama agar bisa digunakan dalam jangka panjang.

Selain menjaga aset dan fasilitas pendukung di objek wisata sungai kawasan rumah susun 26 Ilir itu, warga Palembang juga diajak untuk menjaga kebersihan sungai.

Sungai Sekanak Lambidaro ini sebelum dilakukan restorasi dikenal sebagai sungai yang kotor, berbau kurang enak, dan sepanjang daerah alisan sungainya tampak kumuh karena banyak bangunan gubuk liar.

Taman Sungai Sekanak Lambidaro Palembang

Setelah dilakukan restorasi kondisinya berubah drastis menjadi sungai yang bersih dan daerah aliran sungainya di sisi kiri dan kanan tampak rapi, bersih, dan indah terutama pada malam hari karena didukung tata cahaya dan lampu hias warna-warni.

Kondisi yang baik tersebut diharapkan bisa dipelihara bersama oleh warga kota dengan tidak merusak bangunan, lampu hias, fasilitas pendukung wisata sungai, serta tidak membuang sampah ke sungai dan kawasan sekitar.

Sungai Sekanak Lambidaro diharapkan bisa menjadi objek wisata unggulan baru yang dapat menarik banyak wisatawan lokal dan mancanegara berkunjung ke Bumi Sriwijaya ini, kata Sekda.

Pemasangan Lmpu di Sungai Sekanak Lambidaro

Sementara Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan. Pertanahan (Perkimtan) Kota Palembang Affan Mahali Prapanca menjelaskan bahwa pihaknya memasang 5.000 unit lampu hias untuk memperindah kawasan Sungai Sekanak Lambidaro.

Pemasangan 5.000 lampu warna-warni itu dilakukan di sepanjang 100 meter daerah aliran sungai dan taman di sekitar kawasan rumah susun itu.

Lampu hias itu pada malam hari semakin memperindah kawasan sungai karena cahayanya berbentuk gelombang dan seperti air terjun menari yang biasa disebut konten iron ornamen atau air terjun besi, ujar Affan.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel.