Perayaan Imlek di Pangkalpinang; Tradisi Barongsai dan Kembang Api di Kelenteng Ditiadakan
Umat Konghucu melaksanakan sembahyang merayakan Imlek 2022 di Kelenteng Kwan Tie Miau (Foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG- Tradisi atraksi barongsai dan kembang api biasanya menjadi hiburan di Kelenteng di Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Namun pada perayaan Imlek 2022 tradisi tersebut ditiadakan untuk mencegah terjadinya kerumunan massa di COVID-19.

"Perayaan Imlek ini, kita tidak menggelar kembang api dan barongsai karena dapat memicu peningkatan kasus COVID-19," kata salah seorang pengurus Kelenteng Kwan Tie Miau Pangkalpinang Acung di Pangkalpinang, Selasa.

Ia mengatakan dalam dua tahun terakhir ini, Klenteng Kwan Tie Miau Pangkalpinang telah meniadakan tradisi menyalakan kembang api dan atraksi barongsai saat merayakan Imlek dan hari besar lainnya bagi warga keturunan Tionghoa di daerah tersebut.

"Peniadaan tradisi yang telah dilakukan secara turun-temurun ini merupakan salah satu komitmen kita untuk mencegah dan memutus mata rantai penularan virus corona di daerah ini," ujarnya.

Tradisi Imlek Kelenteng Tertua di Bangka

Sebelum pandemi COVID-19, katanya, Kelenteng Kwan Tie Miau Pangkalpinang  yang merupakan kelenteng tertua di Pulau Bangka itu, selalu menggelar tradisi menyalakan kembang api, petasan, dan atraksi barongsai untuk menghibur masyarakat, perantau, wisatawan domestik dan mancanegara yang berkunjung ke daerah itu untuk merayakan Imlek.

"Kunjungan wisatawan pada Imlek tahun ini kurang, karena adanya pandemi COVID-19 ini," katanya.

Tradisi Barongsai dalam Perayaan Imlek Ditiadakan

Ahui, salah seorang pengurus Kelenteng Shen Mu Miau Pangkalpinang, juga mengatakan perayaan Imlek tahun ini tanpa pesta kembang api dan atraksi barongsai untuk mencegah penularan virus corona.

"Imlek tahun ini, kita tidak menggelar pesta kembang api dan barongsai untuk mencegah lonjakan kasus COVID-19 di Pulau Bangka," katanya.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel.