PT Timah Tenggelamkan 50 Rumah Ikan di Laut Bangka Barat untuk Meningkatkan Hasil Tangkapan Nelayan Tradisional
Penenggelaman rumpon di laut Bangka Barat (Foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - Sebanyak 50 unit rumah ikan atau rumpon ditebar oleh PT Timah Tbk bersama kelompok Nelayan Tanjung Cinta Damai di laut Kabupaten Bangka Barat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Kegiatan tersebut dilakukan untuk meningkatkan hasil tangkapan ikan nelayan tradisional.

"Kami mengucapkan terima kasih ke PT Timah Tbk, karena rumpon ini tidak hanya menjaga kondisi lingkungan laut, tetapi juga bisa berdampak pada ekonomi masyarakat pesisir," kata Ketua kelompok nelayan Cinta Damai Tanjung Bangka Barat Herman Achmad di Tanjung, Kamis.

Ia mengatakan kegiatan penenggelaman rumpon ini merupakan CSR PT Timah Tbk yang memberdayakan nelayan Tanjung Cinta Damai untuk membuat, menenggelamkan hingga merawat rumpon. Dimana dalam penenggelaman rumpon ini juga menggunakan perahu nelayan.

“PT Timah Tbk mengajak berkolaborasi untuk membuat rumpon ikan, biaya ditanggung PT Timah, dan kelompok nelayan membuat rumpon, pada saat pelaksanaan penenggelaman dilaksanakan bersama-sama,"ujarnya.

Bentuk Rumpon yang Ditenggelamkan untuk Rumah Ikan

Menurut dia rumpon yang ditenggelamkan berbentuk kerucut dan segi empat dimana setiap sudutnya berlobang yang di atasnya ditutup dengan daun rumbia atau daun kelapa. Penenggelaman rumpon yang merupakan rumah ikan ini diharapkan dapat meningkatkan hasil tangkapan nelayan.

"50 rumpon Ikan ini adalah karang buatan yang ditenggelamkan di laut dengan harapan nantinya ikan dapat bermain, bersarang , bertelur sehingga membantu perkembangbiakan ikan," katanya.

Menurut Herman keberadaan Rumpon dapat meningkatkan perekonomian nelayan selain dari hasil laut juga mendukung sektor pariwisata.

"Insya Allah Rumpon rumpon ini bila sudah menjadi tempat bermain ikan akan meningkatkan ekonomi nelayan, dan menjadi daya tarik bagi pemancing, mereka bisa menikmati indahnya pantai sekitar, ini dapat menggeliatkan pariwisata," tuturnya.

Penenggelaman Rumpon Bermanfaat bagi Nelayan

Camat Muntok Kabupaten Bangka Barat Sukandi mengapresiasi program penenggelaman rumpon Ikan, menurutnya ini merupakan bentuk kepedulian PT Timah terhadap nelayan dan alam sekitar.

"Ini bentuk kepedulian PT Timah, kepada nelayan, dan alam sekitar, yang harus kita sambut baik dan kita dukung. Penenggelaman rumpon PT Timah ini akan memberikan manfaat bagi nelayan, menghidupkan perekonomian dan membantu meningkatkan penghasilan nelayan," ujarnya.

\Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel.