Vaksinasi Dosis Ke-3; Sebanyak 93,5 Persen Nakes di Babel Sudah Disuntik
ILUSTRASI tenaga kesehatan (PIXABAY)

Bagikan:

PALEMBANG - Sejumlah 93,5 persen dari 10.385 tenaga kesehatan di Provinsi Bangka Belitung telah menerima vaksin COVID-19 booster atau dosis ketiga. Vaksinasi tersebut diberikan untuk meningkatkan imunitas nakes dari paparan virus corona.

"Kami terus mendorong agar capaian vaksinasi ke-3 yang dikususkan kepada nakes segera tercapai 100 persen," kata Koordinator Distribusi Vaksin Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dr. Bangun di Pangkalpinang, Selasa.

Ia mengatakan vaksinasi COVID-19 ke-3 yang dikhususkan kepada nakes paling tinggi terdapat di Bangka Barat mencapai 105,56 persen dan paling rendah di Bangka Selatan sebanyak 74,54 persen.

"Vaksinasi ini penting, sebagai strategi pemerintah dalam menangani laju perkembangan dan penyebaran virus corona ini," ujarnya.

Realisasi Capaian Vaksinasi COVID-19 di Bangka Belitung

Ia menjelaskan capaian vaksin ke-1 di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sudah mencapai 79,85 persen dari total sasaran 1.137.824 orang, atau lebih kecil dibandingkan dengan cakupan nasional 81,74 persen.

Sementara itu, capaian vaksin 2 sudah tercapai 61,83 persen atau lebih besar dibandingkan dengan cakupan nasional yang baru 56,09 persen.

"Capaian vaksinasi lengkap atau vaksin ke-2 paling besar di Kabupaten Belitung 70,94 persen dan paling kecil Bangka Selatan 50,22 persen," katanya.

Manfaat dari Vaksinasi COVID-19 bagi Tubuh Manusia

Menurut dia pemberian vaksinasi bertujuan untuk menurunkan kesakitan dan kematian akibat COVID-19, mencapai kekebalan kelompok, melindungi dan memperkuat sistem kesehatan secara menyeluruh, dan menjaga produktifitas dan meminimalkan dampak sosial dan ekonomi.

"Kita terus berusaha mempercepat pengadaan, pendistribusian dan pelaksanaan vaksinasi ini, agar secepat mungkin realisasi target vaksin di masyarakat segera dicapai, seperti yang dicanangkan oleh Bapak Presiden Jokowi yang meminta 1 juta dosis per hari," katanya. 

 Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel.