Basarnas Palembang Kirim Perugas untuk Siaga di Pos Dat dan Air; Antisipasi Bencana Saat Hari Raya Idulfitri
Kegiatan Badan SAR Nasional (Basarnas) Kota Palembang, Sumatera Selatan. (ANTARA/Yudi Abdullah/20)

Bagikan:

PALEMBANG - Antisipasi terjadinya bencana alam saat hari raya Idulfitri 1442 Hijriah, Kantor Pencarian dan Pertolongan atau Basarnas Palembang, Sumatera Selatan menyiapkan petugas di pos darat dan air untuk bersiaga membantu masyarakat.

"Kami telah melaksanakan siaga SAR khusus Lebaran 2021, guna mengantisipasi berbagai kemungkinan yang terjadi selama perayaan Idul Fitri 1442 Hijriah. Siaga SAR khusus Lebaran ini berlangsung dari 6 - 24 Mei," tutur Herry Marantika, Kepala Kantor Basarnas Palembang, di Palembang, Senin, 10 Mei.

Basarnas Palembang Siagakan 76 Personel di Pos SAR

Dia menjelaskan, ada 76 personel yang disiagakan di kantor maupun Pos SAR Pagar Alam, Unit Siaga SAR Musirawas, Unit Siaga SAR OKU Timur, dan pos air Kapal KN SAR Setyaki.

Selain itu, pihaknya juga menempatkan sejumlah personel pada beberapa titik Posko Siaga Lebaran di Kota Palembang seperti Bandara SMB II, Pelabuhan Boom Baru, Pelabuhan Tanjung Api-api, Tol Palindra dan Kayu Agung, serta beberapa objek wisata.

Untuk mendukung siaga khusus Lebaran tahun ini, pihaknya menyiapkan alat utama darat, laut dan peralatan pendukung lainnya seperti Rigit Inflatable Boat (RIB), Rescue Car Compartement, Rescue Carrier, Rescue D’max serta peralatan medis (Emergency Kit)'.

Penanganan SAR dengan Menerapkan Protokol Kesehatan

Dalam kondisi pandemi COVID-19 sekarang ini, personilnya dalam melaksanakan tugas wajib menerapkan protokol kesehatan.

Lebih lanjut, ia meyakinkan bahwa tim Basarnas Palembang dapat memberikan pelayanan yang cepat dan maksimal. Jumlah personel dan peralatan yang tersedia sangat mendukung penanganan bencana.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri di VOI.