Operasi Lilin 2021 di Babel Mengerahkan Sebanyak 1.539 Personel Gabungan
Polda Bangka Belitung (Foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - Sejumlah 1.539 personel gabungan dikerahkan oleh Polda Bangka Belitung dalam Operasi Lilin Menumbing 2021. Operasi dilaksanakan guna memberikan rasa aman dan nyaman masyarakat yang merayakan Natal dan Tahun Baru 2022.

"Sebanyak 1.539 personel gabungan ini tidak hanya menjaga keamanan dan ketertiban pelaku perjalanan, namun juga memberikan kenyamanan bagi mereka yang merayakan Natal di seluruh gereja," kata Kepala Bidang Humas Polda Babel Kombes A. Maladi di Pangkalpinang, Jumat.

Sebanyak 1.539 personel tersebut merupakan gabungan dari sejumlah instansi terkait, seperti TNI-Polri, Dinas Kesehatan, BPBD, Tagana, Dinas Perhubungan, Kesyahbandaran, Sentra Komunikasi, dan lainnya.

"Kita sudah menjalin koordinasi dan komunikasi dengan seluruh instansi terkait di Wilayah Kepulauan Bangka Belitung, personel telah disiagakan dan dikerahkan untuk menyukseskan pelaksanaan Operasi Lilin Menumbing 2021 yang digelar selama 10 hari, mulai 24 Desember 2021 hingga 2 Januari 2022," ujarnya.

30 Titik Pos Pengamanan Natal dan Tahun Baru di Bangka Belitung

Para personel tersebut akan ditempatkan di lokasi-lokasi strategis, pos pengamanan, pos pelayanan, dan pos terpadu. Pos tersebar sebanyak 30 titik yang terdiri atas 20 pos pengamanan dan 10 pos pelayanan.

"Selain itu, kita sudah menyiapkan pos terpadu atau pos pemeriksaan di pintu keluar masuk daerah. Petugas akan melakukan pemeriksaan cermat para pelaku perjalanan dari dan yang akan keluar daerah," katanya.

Operasi Lilin Menumbing 2021 ini untuk menciptakan rasa aman dan nyaman masyarakat yang merayakan Natal dan Tahun Baru 2022 dengan tetap menerapkan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran COVID-19.

Polda Babel Fokus Mengamakan Natal dan Tahun Baru

Sebelumnya, Polda Babel telah menggelar Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Menumbing 2021 di Halaman Mapolda Babel, Kamis (23/12) pagi, yang dipimpin Wakil Gubernur Babel Abdul Fattah.

Pada apel siaga yang dihadiri Kapolda Bael Irjen Yan Sultra, Danrem 045/Gaya Brigjen TNI M. Jangkung, dan sejumlah pejabat pimpinan instansi tersebut diharapkan mampu meningkatkan kesiapsiagaan personel dalam mengawal dan memberikan rasa aman serta nyaman pada masa libur akhir tahun di tengah pandemi COVID-19 ini.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel.