Pemkot Palembang Mendorong Koperasi untuk Ekspansi Kegiatan Usaha
Wakil Wali Kota Palembang, Firianti Agustinda. (Foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - Pengurus koperasi di Kota Palembang, Sumatera Selatan, didorong oleh pemkot setempat untuk memperluas kegiatan usaha.

Perluasan kegiatan usaha perlu dilakukan guna meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan anggota, kata Wakil Wali Kota Palembang Fitrianti Agustinda di Palembang, Kamis.

Dalam kondisi persaingan usaha yang tinggi akhir-akhir ini, koperasi harus melakukan ekspansi atau perluasan kegiatan usaha sehingga bisa bertahan dan memiliki hasil usaha yang besar.

"Selama ini pengurus koperasi cukup puas dengan menekuni satu atau dua kegiatan usaha, padahal mereka bersama anggotanya berpotensi untuk melakukan pengembangan kegiatan usaha yang hasilnya dapat dibagikan lebih banyak kepada anggota," ujarnya.

Koperasi di Kota Palembang Menyediakan Kebutuhan Masyarakat dan Simpan Pinjam

Koperasi yang dibentuk warga, komunitas, organisasi, dan instansi tertentu dalam wilayah 18 kecamatan di Bumi Sriwijaya ini, sebagian besar bergerak dalam penyediaan kebutuhan masyarakat dan simpan pinjam.

Dengan melakukan perluasan kegiatan usaha diharapkan dapat memenuhi seluruh kebutuhan masyarakat sekitar dan mampu meningkatkan kesejahteraan anggota koperasi.

Untuk membentuk koperasi semua orang memiliki kemampuan, namun untuk bertahan dan berkembang menjadi unit ekonomi produktif sangat sulit karena diperlukan kerja keras dan dukungan semua anggota.

Peluang Usaha untuk Tingkatkan Ekonomi Masyarakat Palembang

Pengelola koperasi di Ibu kota Provinsi Sumsel ini diminta untuk kreatif, sehingga dapat membaca peluang usaha yang mampu membawa lembaga ekonomi itu berkembang.

Selain itu dapat menjadikan koperasi sebagai gerakan ekonomi rakyat untuk mendorong percepatan peningkatan kesejahteraan warga kota serta pemulihan ekonomi yang terpuruk dampak pandemi COVID-19, kata Wawako.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel.