Optimis Capai Target Vaksin 70 Persen pada Akhir Desember, Gubernur Sumsel: Waktu Tersisa Dua Pekan
Ilustrasi vaksinasi COVID-19 (foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - Herman Deru, Gubernur Sumatera Selatan, mengungkapkan optimis mencapai target vaksinasi 6,3 juta jiwa atau 70 persen warga di wilayahnya pada akhir Desember 2021.

"Melihat perkembangan pelayanan vaksinasi di 17 kabupaten dan kota serta upaya percepatan yang dilakukan jajaran Dinas Kesehatan bersama TNI/Polri dan dukungan unsur lainnya dengan waktu tersisa sekitar dua pekan target capaian vaksinasi 70 persen untuk mewujudkan kekebalan komunal bisa tercapai," kata dia di Palembang, Jumat.

Pelayanan Vaksinasi COVID-19 di Beberap Daerah di Sumsel Masih Rendah

Berdasarkan data realisasi vaksinasi COVID-19 di provinsi ini hingga pertengahan Desember 2021 mencapai 62 persen atau sekitar 3,8 juta jiwa untuk dosis pertama, sedangkan dosis kedua 37 persen atau sekitar 2,3 juta jiwa.

Untuk mengejar kekurangan capaian target vaksinasi sekitar delapan persen, pihaknya berupaya membantu kabupaten/kota yang capaian pelayanan vaksinasi hingga saat ini masih rendah.

Daerah yang capaian vaksinasi paling rendah, yakni Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan hanya 37,47 persen atau 117.313 jiwa dari target 313.123 jiwa untuk dosis pertama, sedangkan dosis kedua lebih rendah lagi. 

Realisasi pelayanan vaksinasi tertinggi di Sumsel, yakni Kota Prabumulih mencapai 81 persen atau sekitar 114 ribu jiwa dari target 139 ribu jiwa.

Melalui berbagai upaya percepatan pelayanan vaksinasi COVID-19 dan dukungan berbagai pihak untuk bersama-sama mewujudkan kekebalan komunal, target vaksinasi bisa segera dicapai.

Capaian Vaksinasi COVID-19 di Provinsi Sumatera Selatan

Pemerintah kabupaten dan kota di Sumsel diminta untuk segera memenuhi target cakupan vaksinasi hingga 70 persen sehingga bisa memperbaiki posisi secara nasional yang saat ini berada di peringkat 25.

"Provinsi ini dengan capaian vaksinasi sekitar 62 persen berada di peringkat 25 nasional, dengan percepatan pelayanan vaksinasi secara bersama-sama diharapkan bisa memperbaiki peringkat itu," ujar dia.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel.