Pemprov Babel Bekerja Sama dengan PT Pos Indonesia Tingkatkan Ekspor Produk UMKM
Kerja sama Pemprov Babel dengan Pos Indonesia (Foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - Ekspor produk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) ditingkatkan oleh Pemprov Kepulauan Bangka Belitung dengan menggandeng PT Pos Indonesia. Langkah tersebut dilakukan untuk mendorong pertumbuhan perekonomian masyarakat daerah itu.

"Dengan adanya kerja sama ini, maka pelaku UMKM akan semakin mudah memasarkan dan mengirimkan produk ke berbagai negara tujuan ekspor," kata Gubernur Kepulauan Babel Erzaldi Rosman Djohan di Pangkalpinang, Kamis.

Ia mengatakan PT Pos Indonesia merupakan perusahaan yang bergerak di bidang jasa kurir, logistik, dan transaksi keuangan. Selama ini, PT Pos Indonesia Cabang Pangkalpinang telah membantu dalam memasarkan produk UMKM ke berbagai daerah dan negara.

"Ini menarik, apalagi kini PT Pos Indonesia juga menggandeng aplikasi Walan. Walan merupakan aplikasi pesan antarlokal Babel yang sebelumnya transformasi dari aplikasi Go-Anter," ujarnya.

Kerja Sama Pemprov Babel dengan PT Pos Indonesia

Kepala Cabang PT Pos Indonesia Cabang Pangkalpinang Azmat Nuzul Paza mengatakan kerja sama ini merupakan angin segar yang membawa efek baik untuk kemajuan UMKM Babel, seperti ekspor produk-produk yang secara bertahap dikirim ke luar negeri.

"Pekan lalu kita sudah berhasil mengirimkan 300 kilogram lada putih ke Kanada dan selanjutnya kita akan mengirimkan sampel 35 kilogram lada ke Sevilla, Spanyol," katanya.

Produk UMKM Pempek Udang Bangka Barat

Ia berharap adanya kerja sama ini dapat meningkatkan pendapatan masyarakat, dengan memberikan tarif  khusus di tarif pengiriman.

"Kita juga akan membantu UMKM untuk mempromosikan salah satu produk dari Kabupaten Bangka Barat yaitu pempek udang. Produk ini akan diperkenalkan terlebih dahulu dengan biaya pengiriman," katanya. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel .