11 Negara Dilarang Lakukan Kunjungan Masuk ke Indoneisa: Gerak Cepat Pemerintah Cegah Varian Omicron
Ilustrasi tenaga kesehatan (Pixabay)

Bagikan:

PALEMBANG - Upaya pencegahan varian baru COVID-19 B.1.1.529 atau Omicron dilakukan oleh pemerintah Indonesia. Pemerintah menambahkan tiga negara baru dalam larangan masuk ke Indonesia.

Sebanyak delapan negara sudah dilarang masuk ke Indonesia sebelumnya. Larangan selama 14 hari diberlakukan kepada Afrika Selatan, Botswana, Namibia, Zimbabwe, Lesotho, Mozambik, Eswatini dan Nigeria.

"Pelarangan masuk untuk WNA yang memiliki riwayat perjalanan selama 14 hari terakhir ke negara-negara berikut Afrika Selatan, Botswana, Namibia, Zimbabwe, Lesotho, Mozambique, Eswatini, Malawi, Angola, Zambia, dan Hongkong," kata Menkomarves Luhut Binsar Pandjaitan dalam konferensi pers virtual, Minggu, 28 November.

Daftar Negara yang Dilarang Masuk ke Indonesia

Luhut menuturkan, daftar negara yang dilarang masuk ke Indonesia yang ditetapkan pemerintah bisa bertambah atau berkurang berdasarkan evaluasi secara berkala yang dilakukan oleh Pemerintah.

"Kementerian Kesehatan juga akan meningkatkan tindakan genomic sequencing, terutama dari kasus-kasus positif yang dari riwayat perjalanan ke luar negeri untuk mendeteksi varian omicron ini," ungkap Luhut.

Sementara, utuk WNI yang pulang ke Indonesia dan memiliki riwayat perjalanan dari 11 negara tersebut akan dikarantina selama 14 hari.

Selain itu, Luhut menuturkan, emerintah juga akan meningkatkan waktu karantina bagi WNA dan WNI yang dari luar negeri di luar negara-negara yang masuk daftar menjadi 7 hari dari sebelumnya 3 hari.

"Kebijakan karantina akan diberlakukan mulai 29 November 2021 pukul 00.01," ujar Luhut.

Penemuan Varian Virus Corona Baru Omicron Oleh Menteri Kesehatan Afsel

Sebagai informasi, Menteri Kesehatan Afrika Selatan (Afsel) 25 November kemarin mengumumkan penemuan varian virus corona baru, B.1.1.529. Virus tersebut yang disinyalir menjadi biang kerok meroketnya kasus COVID-19 di Afsel pada bulan ini.

Varian baru virus corona ini pertama kali diidentifikasi di Botswana pada bulan ini. Saat ini, varian Omicron sudah meluas ke sejumlah negara.

Bagian yang paling mencemaskan adalah mutasi pada varian baru ini memperbesar bagian protein lonjakan atau spike protein. Kalau varian Delta, yang selama ini dianggap paling menular dari varian lain, hanya punya dua mutasi, nah varian baru virus corona B.1.1.529 ini punya 10 mutasi.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel.