COVID-19 di Indonesia Kembali Berada di Angka Tertinggi, 1.362 Kasus per Selasa Kemarin
Tangkapan layar Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19 Reisa Broto Asmoro (ANTARA)

Bagikan:

PALEMBANG - Penyebaran COVID-19 varian Omicron membuat pemerintah Indonesia kembali menerapkan langkah pencegahan penyebaran. Reisa Broto Asmoro, Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19, mengungkapkan kasus harian positif COVID-19 per Selasa kemarin menjadi yang tertinggi sejak pertengahan Oktober 2021.

"Indonesia menghadapi kenaikan kasus konfirmasi positif dalam satu pekan belakangan, terutama dengan kasus konfirmasi positif sebanyak 1.362 orang per 18 Januari 2022. Ini menunjukkan bahwa kemarin merupakan angka tertinggi dalam satu hari sejak pertengahan Oktober 2021," kata dia saat menyampaikan keterangan pers yang diikuti dari YouTube Sekretariat Presiden di Jakarta, Antara, Rabu, 19 Januari.

Gelombang Kasus COVID-19 Varian Omicron

Dia mengatakan, peningkatan kasus COVID-19 saat ini dipengaruhi kenaikan mobilitas dan pelanggaran protokol kesehatan. Reisa mengajak masyarakat untuk patuh terhadap protokol kesehatan, apalagi varian Omicron yang menyebabkan gelombang kasus luar biasa di banyak negara telah ditemukan di beberapa wilayah di Indonesia.

Wilayah yang dimaksud di antaranya DKI Jakarta, Malang, Surabaya, Bogor, Tangerang Selatan, Bandung, dan Medan.

"Tentunya agar tidak menyebar luas kita semua harus ikut andil dalam upaya pengendalian penularan COVID-19 terutama untuk varian ini, karena pencegahannya tetap sama, disiplin menerapkan protokol kesehatan dan vaksinasi," katanya.

Masyarakat Diminta Tertib Menerapkan Protokol Kesehatan untuk Cegah COVID-19 Omicron

Reisa juga mengimbau masyarakat untuk mengetatkan lagi penggunaan masker, terutama ketika berada di ruang publik atau saat berinteraksi dengan orang lain.

"Kita terapkan jaga jarak dan mencuci tangan dengan rutin, mengurangi mobilitas hanya untuk keperluan yang sangat penting saja," katanya.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel.