Gubernur Babel Bentuk Timgassus untuk Mencegah COVID-19 Omicron yang Sudah Masuk di Indonesia
Gubernur Bangka Belitung (Foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - Erzaldi Rosman Djohan, Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, membentuk tim satuan tugas khusus (timgassus) guna mencegah ancaman penyebaran COVID-19 varian Omicron di daerah itu.

"Hari ini kita beserta seluruh forkopimda, bupati dan wali kota se-Babel menggelar rapat untuk mencegah masuknya COVID-19 Omicron ini," kata Erzaldi Rosman Djohan di Pangkalpinang, Jumat.

Ia mengatakan kegiatan rapat koordinasi pembentukan satgassus untuk mencegah masuknya COVID-19 Omicron ini akan digelar Jumat sore ini, mengingat kasus COVID-19 varian Omicron ini telah ditemukan atau masuk di Indonesia.

"Pembentukan satgassus ini untuk memperketat protokol kesehatan, memperkuat tracing dan tracking serta percepatan vaksinasi di masyarakat dan diharapkan dapat mencegah masuknya virus corona varian baru ini," ujarnya.

Virus Varian Omicron Telah masuk ke Indonesia

Ia menegaskan saat ini Omicron telah masuk ke-88 negara, termasuk Indonesia dan varian tersebut lebih cepat menular, sehingga pemerintah harus bergerak cepat untuk meningkatkan kedisiplinan masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan seperti memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan menghindari kerumunan.

"Saat ini kesadaran masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan khususnya memakai masker mulai kurang disiplin, sehingga dapat berpotensi memicu peningkatan kasus penularan virus corona dan COVID-19 varian Omicron ini," katanya.

Timgasus Babel Akan Menertibkan Protokol Kesehatan Cegah Virus Omicran

Menurut dia pembentukan timgasus ini penting untuk memperkuat penerapan protokol kesehatan terutama penggunaan masker masyarakat yang kembali mengalami penurunan.

"Kami segara membuat kebijakan dengan membentuk tim khusus untuk menerapkan hal tersebut dan terpenting di tempat keramaian, seperti hotel, restoran dan mal untuk mempersiapkan alat QR code PeduliLindungi," demikian Erzaldi Rosman. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel.