Apindo Sumsel Mendukung Pengembangan UMKM untuk Dongkrak PEN Akibat COVID-19
Produk UMKM Sumsel (Foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) didorong oleh Asosiasi Pengusaha Indonesia Provinsi Sumatera Selatan guna mendongkrak Pemulihan Ekonomi Nasional akibat pandemi COVID-19.

Sumarjono Saragih, Ketua Apindo Sumsel, di Palembang, Minggu, mengatakan, perhatian pada sektor UMKM ini merupakan amanat Rapat Kerja Nasional Apindo beberapa waktu lalu.

“Kami di daerah diamanatkan untuk mengambil peran memberdayakan UMKM,” kata Saragih..

Ia mengatakan, Apindo menilai terdapat dua permasalahan terkait pengembangan UMKM yakni belum adanya ekosistem yang mendukung. Jika pun ada bantuan bagi UMKM, pada umumnya bersifat musiman atau hanya berlangsung pada periode tertentu.

Namun, jika sudah terbentuk ekosistem maka pelaku UMKM akan mudah berkembang karena dapat pula dengan mudah mengakses bahan baku, tenaga kerja, hingga pembelinya.

“Kami melihat belum ada jejaring yang saling menopang operasi dalam sistem produksi hingga penjualan produk menjadi efisien. Ini terkait margin,” katanya.

Program Akademi UMKM dari Apindo

Guna mendorong pengembangan UMKM ini, Apindo menjalankan program Akademi UMKM yakni program pengawalan bagi pelaku UMKM agar bisa berkembang bahkan bisa naik level menjadi usaha menengah.

Sementara itu, Pemprov Sumatera Selatan mendorong peningkatan jumlah pelaku UMKM karena baru mencapai satu  persen dari total secara nasional.Saat ini jumlah pelaku UMKM di Sumsel mencapai 644.000 usaha dari total 64 juta secara nasional.

Gubernur Sumsel Herman Deru menilai masih sedikitnya jumlah UMKM tak terlepas dari terbatasnya pengetahuan, keterampilan hingga cara pikir masyarakat.

Permodalan Pengembangan UMKM di Sumsel

Sebetulnya peluang Sumsel untuk meningkatkan kuantitas maupun kualitas UMKM sudah terbuka lebar, salah satunya menyangkut permodalan.

Sejauh ini Sumsel mendapatkan  alokasi Kredit Usaha Rakyat (KUR) senilai Rp4,4 triliun pada 2020 yang sepenuhnya sudah terealisasi, kata dia.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel.