Gubernur Sumsel Dorong Bupati di Wilayahnya untuk Bersinergi Bangkitkan Geliat Ekonomi
Gubernur Sumsel (Foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - Pemulihan ekonomi daerah menjadi prioritas target Gubernur Sumatera Selatan Hermam Deru. Pihaknya mengajak bupati dan wali kota di wilayahnya untuk saling bersinergi demi menggeliatkan kembali ekonomi yang sempat lumpuh akibat pandemi COVID-19.

"Selain program vaksinasi, tak kalah penting juga bagaimana cara bersinergi untuk bersama membangkitkan pertumbuhan ekonomi," kata Herman Deru pada rakor forum koordinasi pimpinan daerah (Forkopimda) di Palembang, Selasa.

Menurut dia, sinergi Forkopimda yang telah berjalan dengan baik dalam menghadapi pandemi COVID-19 perlu ditingkatkan.

"Sambil mengupayakan percepatan vaksinasi untuk mencapai target kekebalan komunal (herd immunity) minimal 6,3 juta jiwa, perlu digalakkan bersama program yang dapat membangkitkan ekonomi," ujarnya.

Gubernur Sumsel Dorong Kegiatan Pembinaan UMKM

Salah satu upaya untuk membangkitkan ekonomi, pihaknya terus berupaya mendorong pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang tersebar di 17 kabupaten/kota dalam provinsi setempat bisa mandiri dan bangkit dari keterpurukan dampak pandemi COVID-19.

Untuk mendorong pelaku UMKM mandiri dan bangkit dari keterpurukan itu, dia mengajak bupati dan wali kota di Sumsel bersinergi melakukan program pembinaan.

Pembinaan yang dilakukan seperti peningkatan kualitas dan pengembangan variasi produk dengan memberikan pelatihan kepada pelaku UMKM dan bantuan modal usaha.

UMKM di Sumsel Diminta Membuat Terobosan Pengembangan Usaha

Melalui pembinaan itu diharapkan pelaku UMKM di provinsi ini dapat terus berkembang, meskipun dalam kondisi pandemi COVID-19 sekarang mengalami penurunan kegiatan usaha.

Kondisi sulit saat ini seharusnya menjadi tantangan untuk melakukan kegiatan yang mampu membawa pelaku UMKM bertahan dan bisa melakukan terobosan untuk berkembang.

UMKM harus melakukan berbagai cara agar bisa bertahan, sambil melihat peluang melakukan terobosan pengembangan usaha, kata Gubernur Herman Deru.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel.