Pemkab Banyuasin Bekerja Sama dengan UGM Siapkan Beasiswa Kuliah Fakultas Kedokteraan
Bupati Musi Banyuasin (Foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - Beasiswa kuliah di Fakultas Kedokteran tahun 2022 disiapkan oleh Pemkab Banyuasin, Provinsi Sumatera Selatan, bagi warganya yang ingin melanjutkan pendidikan di bidang tersebut.

Askolani, Bupati Musi Banyuasin, Selasa mengatakan, Pemkab Banyuasin menjalin kerja sama dengan Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta untuk merealisasikan program tersebut bagi anak-anak muda berprestasi.

“Ini masuk dalam program peningkatan kualitas sumber daya manusia. Bayuasin Cerdas,” kata dia.

Program Beasiswa Kuliah Kedokteran untuk Anak-anak di Kabupaten Banyuasin

Ia mengatakan pihaknya tengah merancang program beasiswa untuk anak-anak Kabupaten Banyuasin yang ingin kuliah di Fakultas Kedokteran.

Biaya kuliahnya Pemkab Banyuasin yang tanggung melalui program beasiswa. Dan mereka akan kami kuliahkan di UGM, kata dia.

Menurutnya, saat ini dan beberapa tahun ke depan, Kabupaten Banyuasin masih membutuhkan banyak dokter untuk program dokter masuk desa guna memberikan pelayanan kesehatan masyarakat sampai tingkat desa.

Seperti diketahui, ia melanjutkan, sebagian besar wilayah Kabupaten Banyuasin merupakan perairan.

Dengan program beasiswa ini, harapan kami dalam 10 tahun ke depan banyak anak-anak Banyuasin yang menjadi dokter dan siap mengabdi di daerahnya sendiri, kata dia.

Untuk memenuhi layanan kesehatan masyarakat kata Bupati Askolani, pihaknya juga melakukan kerja sama dengan sejumlah universitas agar praktik para mahasiswa kedokteran tersebut dilaksanakan di Banyuasin.

Tidak hanya sektor kesehatan, ia juga membuka ruang kerja sama dengan UGM di bidang pertanian, peternakan dan teknologi.

Kerja Sama Pemkab Banyuasin dengan UGM untuk Program Beasiswa

Sebagai daerah penghasil beras nomor empat nasional, kami ingin produksinya terus di tingkatkan dan petani makin sejahtera, kami butuh bantuan perguruan tinggi untuk memberikan ilmu dan teknologinya, kata dia.

Wakil Rektor Bidang Kerjasama dan Alumni Paripurna menyambut baik kerjasama yang dijalin Pemkab Banyuasin dengan UGM.

”UGM sudah banyak mendapatkan referensi terkait Kabupaten Banyuasin mulai dari SDA sampai ke SDM-nya. Kami siap membantu dan kami nilai MoU ini keputusan yang tepat,” kata dia.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel.