DKP Ogan Komering Ulu Memiliki Cadangan 10 ton Beras Pangan
Dinas Ketahanan Pangan OKU (Foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - Sebanyak 10 ton Cadangan Beras Pangan (CBP) dimiliki oleh Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, guna memenuhi kebutuhan masyarakat yang terkena bencana alam dan non alam.

Kasi Distribusi Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Ogan Komering Ulu (OKU), Joni Harianto di Baturaja, Kamis mengatakan, cadangan beras pangan pemerintah ini dianggarkan melalui dana APBD Pemkab OKU pada 2020.

Dia menjelaskan, 10 ton CBP jenis medium ini dianggarkan pemerintah dengan Harga Pembelian Pemerintah (HPP) dari Bulog sebesar Rp10.543/kg beras.

"Saat ini beras cadangan masih tersimpan di gudang Bulog OKU," katanya.

CBP untuk Menjaga Ketahanan Pangan di Kabupaten OKU

Dikatakan Joni, cadangan beras pangan ini dialokasikan untuk memenuhi kebutuhan beras guna menjaga ketahanan pangan di Kabupaten OKU disaat terjadi bencana alam atau non alam.

Beras cadangan ini bisa dikeluarkan jika terjadi bencana alam dan non alam untuk disalurkan kepada masyarakat penerima bantuan.

"Dan tentunya setelah ditetapkan oleh SK Bupati," katanya.

Anggaran Dana CBP OKU 2021

Untuk tahun 2021 ini, lanjut dia, pihaknya kembali menganggarkan dana untuk pembelian cadangan beras pangan sebanyak 2 ton beras.

"Karena recofusing anggaran tahun ini hanya dianggarkan sebanyak 2.000 kg atau 2 ton beras dan saat ini masih dalam proses pengadaan," ujar Joni.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel.