KONI Bangka Belitung Kirimkan 80 Atlet Mengikuti PON Papua
Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan memberangkatkan 80 atlet (Foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - Sejumlah 80 atlet akan diberangkatkan oleh Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Para atlet tersebut tampil dalam 20 cabang olahraga pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Oktober 2021 di Papua.

"Saat ini persiapan atlet dalam prakompetisi dan siap menuju pertandingan utama PON XX di Papua," kata Ketua KONI Provinsi Kepulauan Babel Elfandi di Pangkalpinang, Rabu.

Ia mengatakan pada ajang PON XX tahun ini, KONI Provinsi Kepulauan Babel akan memberangkatkan 80 atlet, 38 pelatih dan para atlet ini sudah mengikuti pelatihan mulai Januari 2021.

"Saat ini persiapan keberangkatan atlet dan pelatih sudah 90 persen dan siap menuju pertandingan utama di ajang PON tahun ini," ujarnya.

Kelemahan Persiapan Atlet PON di Masa Pandemi

Menurut dia kelemahan persiapan atlet PON di tengah pendemi COVID-19 ini yakni tidak ada "try out" dan kejuaraan antara untuk mengetes kemampuan para atlet sehingga tidak bisa memetakan kekuatan lawan bertanding di PON nanti.

"Biasanya para atlet sebelum berangkat ke PON, mereka mengikuti pertandingan-pertandingan antara di luar daerah untuk memetakan kekuatan lawan seperti apa dan kekuatan kita sejauh mana," katanya.

Para Atlet KONI Bangka Belitung Jalani Latihan Rutin untuk Persiapan PON Papua

Namun demikian, kata dia para atlet sudah siap dengan fokus mengikuti pelatihan-pelatihan terpusat dan mandiri di Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) Provinsi Babel, Kabupaten Bangka Tengah dan Belitung.

"Para atlet sudah latihan secara rutin dalam seminggu dua kali dengan bobot pelatihan 4 jam sekali latihan," katanya.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri di VOI Sumsel.