KONI Babel Bakal Hadirkan Psikolog untuk Perkuat Mental Atlet di PON Papua
Ketua KONI Provinsi Kepulauan Babel Elfandi (Aprionis) (Foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - Seorang psikolog bakal didatangkan oleh Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung guna menguatkan mental bertanding atlet di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua pada Oktober 2021.

"Kita segera menyiapkan psikolog untuk menanamkan kepercayaan diri, memotivasi dan memperkuat mental 80 orang atlet yang akan diberangkatkan ke Papua nanti," kata Ketua KONI Provinsi Kepulauan Babel Elfandi di Pangkalpinang, Rabu.

Ia menyakinkan para atlet bahwa Papua aman dan para atlet Papua juga memiliki sportifitas yang tinggi yang tidak dibayangkan semua orang, karena mereka merupakan atlet yang terbina secara sportif..

"Kita hanya menyediakan spikolog di sini untuk memperkuat mental para atlet yang bertanding kontak fisik seperti sepak bola, gulat dan lainnya," ujarnya.

Menurut dia, kondisi Papua aman dan kondusif karena mendapatkan pengamanan yang ketat selama pelaksanaan PON XX tahun ini.

"Saya sudah pernah ke Papua dan sengaja keluar malam untuk melihat langsung kondisi daerah itu. Selama kita tidak melakukan hal-hal tidak baik yang bertentangan dengan hukum maka dipastikan aman-aman saja," katanya.

Mental Para Atlet PON XX Perlu Ditingkatkan

Ia mengatakan saat ini mental para atlet cukup menjadi kendala untuk memenangkan pertandingan di PON XX Papua, sehingga perlu bimbingan dan motivasi semua pihak agar mereka dapat mengeluarkan kemampuan dengan optimal.

"Kita sudah meyakinkan para atlet daerah ini bahwa atlet di Papua sportif semua dan mereka hanya bertekad bagaimana memenangkan pertandingan dengan spotifitas yang tinggi," katanya.

Provinsi Bangka Belitung Berangkatkan 80 Atlet dalam PON XX

Ia menambahkan pada ajang PON XX tahun ini, KONI Provinsi Kepulauan Babel akan memberangkatkan 80 atlet, 38 pelatih dan para atlet ini sudah mengikuti pelatihan mulai Januari 2021.

"Saat ini persiapan keberangkatan atlet dan pelatih sudah 90 persen dan siap menuju pertandingan utama diajang PON tahun ini," ujarnya.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri di VOI Sumsel.