Dinas Pertanian OKU Bakal Bangun Kawasan Agrowisata di Raksa Jiwa
Kawasan pertanian OKU (Foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - Pembangunan kawasan agrowisata sedang dipersiapkan oleh Dinas Pertanian Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan . Kawasan yang menjadi daerah wisata pertanian dan perkebunan rakyat tersebut bakal dibangun di Desa Raksa Jiwa, Kecamatan Semidangaji.

"Wilayah Raksa Jiwa ini akan dihidupkan menjadi salah satu kawasan agrowisata di Kabupaten OKU," kata Kepala Bidang Sarana dan Prasarana Dinas Pertanian Ogan Komering Ulu (OKU), Agus Paharyono di Baturaja, Minggu.

Menurut dia, sebagai tahap persiapan akan mempersiapkan membagi wilayah yang akan dijadikan kawasan agrowisata di desa setempat yaitu seluas sekitar empat hektare.

Dinas Pertanian OKU juga akan menggandeng perguruan tinggi Institut Pertanian Bogor (IPB) di Pulau Jawa guna membantu dalam pengelolaan lahan agrowisata agar dapar berjalan maksimal.

Tanaman di Agrowisata Desa Raksa Jiwa

Lahan Percobaan agrowisata di Desa Raksa Jiwa seluas empat hektar ini nantinya akan dijadikan lahan pertanian rakyat untuk ditanami berbagai jenis tanaman seperti alpukat, jambu kristal, dan durian guna meningkatkan masyarakat di wilayah itu.

"Target kami pada 2022 nanti program ini sudah terwujud," tegasnya.

Dia menjelaskan, agrowisata adalah rangkaian kegiatan wisata yang memanfaatkan sektor atau perkebunan sebagai objek utama yang diharapkan dapat menambah wawasan serta pengalaman wisata yang bagi para pengunjungnya.

Manfaat Agrowisata Desa Raksa Jiwa

Pengelolaan kawasan agrowisata yang perlu dilakukan dengan baik dan matang agar dapat memberikan manfaat yang maksimal bagi masyarakat luas.

Adapun beberapa manfaat yang diperoleh dari pengembangan agrowisata antara lain dapat meningkatkan konservasi lingkungan, memberikan nilai rekreasi dan pengembangan ekonomi masyarakat sekitar.

Pihak yang akan mengelola kawasan agrowisata tersebut adalah UPT Dinas Pertanian Raksa Jiwa. Dengan adanya agrowisata tersebut diharapkan masyarakat dapat memperoleh banyak manfaat baik dan menjadi kontribusi bagi Pemkab OKU.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel .