Dinas Pertanian OKU Mengembangkan Kawasan Agrowisata di Desa Raksa Jiwa
Dinas Pertanian OKU (Foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - Desa Raksa Jiwa di Kabupaten Ogan Komering Ulu, Provinsi Sumatera Selatan, dijadikan oleh Dinas Pertanian setempat sebagai kawasan perkebunan rakyat dan agrowisata pertanian.

Joni Saihu, Kepala Dinas Pertanian OKU, mengatakan sebelum membagi wilayah yang akan dijadikan kawasan agrowisata di desa setempat yaitu seluas 4,6 hektar (Ha).

"Desa Raksa Jiwa tahun ini mulai dijadikan salah satu kawasan agrowisata di Kabupaten OKU," kata Joni Saihu di Baturaja, Senin.

Kawasan agrowisata di Desa Raksa Jiwa ini dikelola menjadi lahan rakyat untuk ditanami berbagai jenis tanaman pertanian seperti alpukat, jambu kristal dan durian guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat di wilayah itu.

"Saat ini sedang persiapan bibit tanaman dan setelah siap bibit-bibit tersebut akan langsung ditanam," ujarnya.

Kegiatan Wisata di Kawasan Agrowisata

Dia menjelaskan, agrowisata adalah rangkaian kegiatan wisata yang memanfaatkan sektor atau perkebunan sebagai objek utama yang diharapkan dapat diperluas wawasan serta pengalaman wisata yang bagi para pengunjungnya.

Pengelolaan kawasan agrowisata perlu dilakukan dengan baik dan matang dengan menggandeng perguruan tinggi Institut Pertanian Bogor (IPB) guna membantu dalam pengelolaannya agar dapat berjalan maksimal.

Manfaat Pengembangan Agrowisata bagi Desa

Adapun beberapa manfaat yang diperoleh dari pengembangan agrowisata antara lain dapat meningkatkan konservasi lingkungan, memberikan nilai rekreasi dan mengembangkan ekonomi masyarakat sekitar.

Para wisatawan nantinya juga dapat langsung memanen tanaman di agrowisata tersebut.

Ikuti terus berita dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel . Kami menghadirkan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkap untuk Anda.