7 Hal yang Patut Dipuji dari Anak Perempuan, Bukan Melulu Penampilan
Ilustrasi memberi pujian pada anak perempuan (Pexels/Gustavo Fring)

Bagikan:

PALEMBANG- Ada sedikit perbadaan pola asuh kepada anak perempuan dan anak laki-laki. Bagi Anda yang memiliki buah hati perempuan, ada beberapa hal tentang sikap dan karakternya yang layak dipuji.

Bukan hanya caranya menjaga penampilan dan diri, berikut tips mendidik anak perempuan. 7 hal berikut ini perlu diapresiasi.

Kemadirian

Anak yang mampu mengatasi rasa takutnya, misalnya takut pada gelap, serangga, dan pergi sendiri ke suatu tempat, artinya bisa mandiri. Sikap tersebut perlu diapresiasi oleh orang tuanya.

Kemampuan terkait dengan kecerdasan

Perlu Anda pahami bahwa kecerdasan tak semata-mata nilai tinggi pada sekolah formal. Dilansir The Asian Parents, Senin, 28 Juni, kecerdasan meliputi kecerdasan verbal, logis atau matematis, kinestetik-jasmani, dan musik.

Ada juga kecerdasan spasial yang direpresentasikan dengan kemampuan untuk memahami bentuk dan gambar. Ditambah lagi kecerdasan interpersonal meliputi kemampuan berinteraksi dengan orang lain serta kemampuan intrapersonal terkait kesadaran diri dan instrospeksi.

Kemampuan naturalistik melengkapi sejumlah kecerdasan anak yang diekspresikan dengan sikap terhubung pada alam dan dunia.

Dari hal sederhana, misalnya, ketika buah hati mampu menceritakan kronologi aktivitas seharian maka ia memiliki kemampuan verbal sekaligus interpersonal. Artinya, berilah ia pujian agar setiap kemampuannya berkembang serta menjadi bermakna.

Mampu mengontrol emosi

Wajar jika anak sering tantrum. Tetapi cobalah untuk bersepakat dan memberinya tantangan agar ia mampu mengontrol emosinya sendiri. Nah, apabila berhasil melakukan satu tantangan maka berilah pujian karena ia telah berusaha mengenali dan mengendalikan emosinya.

Kemampuan menyelesaikan masalah

Ketika di sekolah, anak bertemu dengan rekan sebayanya. Bukan tidak mungkin ada masalah kecil. Jika ia mampu menyelesaikan masalahnya sendiri, maka beri apresiasi sebab ia telah berusaha menjadi lebih bijak dan dewasa.

Bekerja keras

Memberi pujian sesuai dengan sikap positif yang dilakukan anak berdampak besar pada pertumbuhannya. Secara tidak langsung, memberi pujian artinya memberi persetujuan. Lebih jauh lagi pujian yang tepat sebagai cara mendidik.

Apabila buah hati bekerja keras untuk menyelesaikan tugas atau mengerjakan pekerjaan rumah tanpa bantuan siapapun termasuk orang tua, ini layak diberi pujian.

Memberi pertolongan pada orang lain

Tanpa diminta ia dengan sukarela memberikan pertolongan pada orang yang membutuhkan, artinya ia anak yang hebat. Sebagai makhluk sosial, buah hati perlu dibekali sikap saling tolong menolong tanpa disuruh meski pada awalnya butuh contoh dari orang tuanya.

Menyelesaikan tanggung jawab

Bahkan menjaga alat tulis dan merapikan kembali mainan pada tempatnya merupakan sikap yang bertanggung jawab. Ketika anak melakukannya dan tahu apa yang harus ia selesaikan menjadi tugasnya, jangan enggan untuk memberinya apresiasi. 

Artikel ini pernah tayang sebelumnya di VOI dengan judul Jangan Hanya Penampilan, 7 Hal yang Patut Dipuji dari Anak Perempuan. Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri di VOI Sumsel.