PT Timah Bantu 3.000 Bibit kepada Pemdes Belo Laut untuk Wujudkan Desa Sentra Durian Namlung
PT Timah Tbk bersama Yayasan Tin Peduli menyerahkan 3.000 bibit durian jenis namlung (Foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - Sebanyak 3.000 bibit durian jenis namlung diserahkan oleh PT Timah Tbk bersama Yayasan Tin Peduli untuk mendukung Pemdes Belo Laut Kabupaten Bangka Barat membangun desa sentra durian di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

"Bantuan bibit ini sangat membantu pemdes untuk menjadikan Belo Laut sebagai sentra durian namlung," kata Kepala Desa Belo Laut Ibnu saat menerima bantuan bibit durian PT Timah Tbk, Jumat.

Ia mengatakan durian namlung ini memiliki nilai ekonomis tinggi dan sangat diminati masyarakat lokal dan wisatawan, karena memiliki rasa yang unik khas, daging yang tebal dan besar namun berbiji kecil.

“Pengembangan perkebunan durian ini, sebagai program jangka panjang pemerintah desa untuk meningkatkan kunjungan wisatawan dan perekonomian masyarakat desa ini," katanya.

Bibit Durian Namlung Akan Dibagikan Kepada Masyarakat Belo Laut

Menurut dia jika nantinya berhasil maka Desa Belo Laut bisa menjadi sentra durian namlung. Adanya potensi ini dapat memberikan sumber ekonomi baru bagi masyarakat. Bibit namlung ini nantinya akan dibagikan kepada masyarakat untuk ditanam di kebun masyarakat.

“Bisa dibayangkan kalau 3.000 namlung ini panen Belo Laut jadi sentra durian baru di Bangka Belitung,” ujarnya.

PT Timah Berharap Penduduk Belo Laut Bisa Merasakan Durian Rasa Madu

Kapolres Bangka Barat AKBP Agus Siswanto, yang hadir dalam kegiatan tersebut berharap batuan dari PT Timah ini masyarakat Belo Laut bisa merasakan buah durian Namlung. Selain itu juga bisa meningkatkan ekonomi masyarakat.

Ia juga menyampaikan harapan masyarakat dapat merasakan bibit durian rasa madu bantuan dari PT Timah. Bantuan tersebut diserahkan ke penduduk termasuk ke fase perawatannya nanti ada juga yang membantu.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri di VOI Sumsel.