Dinkes Palembang Lakukan Vaksinasi COVID-19 untuk 8.976 Difabel dan ODGJ
Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan Kota Palembang Fauziah. (ANTARA/Aziz Munajar)

Bagikan:

PALEMBANG - Program vaksinasi COVID-19 di Kota Palembang,  Provinsi Sumatera Selatan, diberikan kepada 8.976 difabel dan orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) di daerahnya.

Fauziah, Pelaksana Tugas Kepala Dinkes Palembang, melaporkan target vaksinasi COVID-19 meliputi 6.052 penyandang disabilitas dan 2.924 orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) yang berada di rumah sakit jiwa maupun tinggal dengan keluarga.

"Puskesmas yang di wilayah kerjanya ada komunitas disabilitas dan penderita ODGJ sudah mulai memvaksinasi," katanya, di Palembang, Jumat, 18 Juni.

Menurut dia, pelayanan vaksinasi COVID-19 bagi difabel dan ODGJ sementara waktu baru disediakan di puskesmas.

Vaksinasi Difabel dan ODGJ Dibantu oleh Keluarga atau Kerabat

Ia mengatakan, keluarga atau kerabat dapat membantu difabel dan ODGJ datang ke puskesmas untuk melakukan vaksinasi dan jika diperlukan petugas puskesmas yang bisa memberikan pelayanan vaksinasi. 

Dinas Kesehatan Kota Palembang selanjutnya berencana menggandeng Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Ernaldi Bahar Palembang untuk menyediakan layanan vaksinasi COVID-19 bagi penderita gangguan jiwa yang menjalani perawatan di rumah sakit itu.

"Vaksinasi untuk pelayan publik saat ini kembali dipercepat karena sudah ada tambahan stok dari Kemenkes," kata Fauziah.

Vaksinasi Lansia di Palembang

Dinas Kesehatan mencatat data pertama vaksin COVID-19 hingga 17 Juni 2021 sebanyak 143.456 orang sudah diberikan kepada kelompok sumber daya manusia bidang kesehatan, pelayan publik, dan warga lanjut usia yang sudah dan warga telah selesai menjalani vaksinasi (mendapat dua). kali vaksin) sebanyak 109.802 orang.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri di VOI Sumsel .