Rumah Sakit Ernaldi Bahar Sumsel Beri Vaksin COVID-19 Kepada Puluhan Pasien ODGJ
Rumah Sakit Ernaldi Bahar Sumatera Selatan (ANTARA/HO)

Bagikan:

PALEMBANG- Sejumlah 60 pasieng orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) mendapatkan vaksinasi tahap pertama di Rumah Sakit Ernaldi Bahar Sumatera Selatan (Sumsel). Pemberian vaksinasi COVID-19 tersebut menggunakan jenis sinovac biofarm 0,5 Ul.

Yumidiansi, Direktur Utama Rumah Sakit Ernaldi Bahar Sumsel, menyampaikan vaksinasi terhadap 60 orang tersebut dilakukan berdasarkan arahan Gubernur Sumatera Selatan H Herman Deru yang menetapkan rumah sakit tersebut sebagai rujukan pasien COVID-19.

Sebelum melaksanakan vaksinasi pihaknya terlebih dahulu meminta persetujuan keluarga pasien. Sebab petugas kesehatan menjelaskan manfaat atau efek samping yang bisa dialami pasien ketika dilakukan penyuntikan vaksin.

"Mekanisme vaksinasi sama dengan pasien umum lainnya," kata dia di Palembang, Selasa, 13 Juli.

Pasien Positif COVID-19 ODGJ Rumah Sakit Ernaldi Bahar Sumsel

Sedangkan untuk 14 orang pasien lainnya belum bisa dilakukan vaksinasi karena masih positif COVID-19. "Kita tunggu sampai mereka sembuh dulu baru bisa divaksin. sementara mereka diisolasi di ruang khusus," jelasnya.

Pengobatan Jiwa Pasien COVID-19 ODGJ Rumah Sakit Ernaldi Bahar Sumsel

Rumah sakit memastikan perawatan yang dilakukan terhadap pasien positif COVID-19 tidak hanya fokus terhadap penyembuhan COVID-19 saja, melainkan juga pengobatan jiwa pasien masih tetap dilakukan.

"Butuh perawatan yang lebih intensif untuk mereka yang positif COVID-19, namun sejauh ini masih bisa diatasi," tandasnya

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya VOI Sumsel.