PHRI Sumsel Dorong Pemkot Palembang Tingkatkan PAD dari Restoran
Ketua PHRI Sumsel (Foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - Pemerintah Kota Palembang mendorong peningkatan pendapatan daerah dari pajak restoran dan hotel. Pengurus Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Sumatera Selatan siap membantu upaya pemkot untuk mewujudkan hal itu.

"Berdasarkan data, sebelum terjadinya pandemi COVID-19 anggota PHRI di daerah pernah memberikan kontribusi pajak bagi PAD di atas Rp200 juta," kata Ketua PHRI Sumsel, Herlan Aspiudin di Palembang, Senin.

Menurut dia, berdasarkan data pada 2019, pajak hotel dan restoran yang masuk ke kas daerah yang terkenal dengan makanan khas pempek mencapai Rp233 miliar.

Kemudian pada 2018 memberikan kontribusi yang besar untuk hotel dan restoran sebesar Rp185 miliar.

Sektor Usaha Restoran dan Hotel Menjadi Sumber PAD Sumsel

Jika melihat data kontribusi pajak tersebut, tidak berlebihan jika Badan Pengelola Pajak Daerah (BPPD) Kota Palembang memasukkan sektor usaha restoran dan hotel salah satu sumber potensial untuk mendongkrak PAD,.

Dia menjelaskan, BPPD Palembang pada 2021 menargetkan perolehan PAD dari pajak restoran sebesar Rp168 miliar, sedangkan dari pajak hotel Rp92 miliar.

Untuk membantu memenuhi target tersebut, berupaya berupaya meningkatkan okupansi hotel dan tamu restoran dengan mendorong anggota membuat paket promosi dengan potongan harga yang menarik, ujar Herlan.

Target Pemerolehan Pajak Tempat Hiburan di Sumatera Selatan

Sementara Kepala Badan Pengelola Pajak Daerah (BPPD) Kota Palembang, Sulaiman Amin mengatakan sebelumnya berupaya meningkatkan PAD tahun 2021 ini dari pajak tempat hiburan, restoran, hotel, dan Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB), serta potensi pajak lainnya.

Perolehan pajak tempat ditargetkan sebesar Rp49 miliar, restoran Rp168 miliar, serta perolehan dari pajak hotel ditargetkan sebesar Rp92 miliar.

Sulaiman mengatakan pajak dari perolehan hak atas tanah dan bangunan atau BPHTB pada tahun ini mencapai target sejumlah Rp330 miliar.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri di VOI .