Ketahui 7 Tanda Kolesterol Tinggi yang Jarang Disadari
Ilustrasi tengkuk pegal tanda kolesterol tinggi (Freepik/wayhomestudio)

Bagikan:

PALEMBANG - Berbagai penyakit dapat muncul akibat kolesterol tinggi dalam darah. Masalah kesehatan seperti serangan jantung dan stroke dapat terjadi.

Agar tak terlena, maka sadari tanda-tanda kolesterol tinggi. Selain dapat dicek dengan tes darah, berikut tanda tubuh Anda sedang tidak baik-baik saja.

Mengantuk terus-terus menerus

Bangun tidur tapi masih tetap? Dilansir dari Kompas, Selasa, 6 April, bisa jadi salah satu dampak dari kolesterol tinggi serta mengalami pengalaman pada pembuluh darah. Oksigen ke otak yang dibawakan oleh mengalami ketersendatan darah, sehingga rasa kantuk menyerang.

Mudah lelah

Gejala kolesterol tinggi memang tidak spesifik kecuali dipastikan dengan tes darah. Tetapi biasanya orang dengan kolesterol tinggi mengalami rasa lelah meski aktivitas tidak banyak. Ini akibat adanya plak dari tumpukan kolesterol dalam darah.

Dada terasa nyeri

Ini bukan tanda biasa, sebab dada terasa nyeri terjadi hanya pada ketinggian tetapi juga sesuatu pada jantung maupun lambung. Jika merasakan hal ini, segera periksa atau cek darah serta konsultasikan pada dokter spesialis penyakit dalam.18 Mar 2021 19:27

Tengkuk kaku dan pegal

Penyebab tengkuk terasa kaku dan pegal, salah satunya disebabkan oleh plak kolesterol dalam darah. Meskipun bukan satu-satunya alasan, tapi Anda perlu mewaspadai kondisi ini. Sebab aliran darah ke otak akan terhambat maka akan mengganggu kenyamanan.

Mengalami xanthomata

Xanthomata adalah pembengkakan yang terlihat pada kulit sebagai akibat dari kolesterol. Warnanya dan bentuknya bulat kecil. Seseorang dengan kolesterol tinggi akan menemukan di kulit.

Muncul xanthelasma di bawah mata

Kolesterol tinggi, paling valid dibuktikan dengan pengecekan laboratorium. Anda juga dapat mengeceknya sendiri di rumah dengan alat sederhana. Alat tersebut dapat juga sekaligus mengecek kadar gula darah dan asam urat.

Nah, kolesterol tinggi juga dapat ditandai dengan munculnya xanthelasma atau bercak-bercak kuning di kelopak mata bagian bawah.

Urat menggumpal

Kolesterol tinggi, disamping disebabkan oleh pola makan yang tidak sehat juga dapat disertai dengan faktor genetik. Ini dapat ditemukan dengan penemuan-penemuan pada urat. Ukurannya tidak besar, hanya setengah biji kacang.

Berapa kadar kolesterol normal? Ketika mengalami tanda-tanda kadar di atas, Anda perlu sekali mengecek kolesterol. Bila angka menunjukkan di atas 240 mg/dl, maka dapat dikatakan mengalami kolesterol tinggi.

Kolesterol tinggi membuat Anda tidak nyaman dalam beraktivitas. Oleh karena itu perlu ditempuh cara untuk menurunkan kadar kolesterol seperti mengonsumsi makanan tinggi kandungan magnesium, serat rendah, kalori, menghindari konsumsi lemak trans, dan rajin berolahraga. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri di VOI .