7 Tanda Kolesterol Tinggi yang Kerap Tidak Disadari Orang, Hati-hati!
Ilustrasi tengkuk pegal tanda kolesterol tinggi (Freepik/wayhomestudio)

Bagikan:

PALEMBANG- Berbagai penyakit atau masalah kesehatan bisa muncul apabila kadar kolesterol  dalam darah berlebihan atau tinggi. Penyakit yang bisa muncul, seperti serangan jantung dan stroke.

Agar tak terlena, maka sadari tanda-tanda kolesterol tinggi. Selain dapat dicek dengan tes darah, berikut petanda tubuh Anda sedang tidak baik-baik saja.

Mengantuk terus-menerus

Bangun tidur tetapi masih tetap mengantuk? Dilansir dari Kompas, Selasa, 6 April, bisa jadi salah satu dampak dari kolesterol tinggi serta mengalami penyumbatan pada pembuluh darah. Oksigen ke otak yang dibawa oleh darah mengalami ketersendatan, sehingga kantuk menyerang.

Mudah lelah

Gejala kolesterol tinggi memang tidak spesifik kecuali dipastikan dengan tes darah. Tetapi biasanya orang dengan kolesterol tinggi mengalami rasa lelah meski aktivitas tidak banyak. Ini diakibatkan adanya plak dari tumpukan kolesterol dalam darah.

Dada terasa nyeri

Ini bukan tanda biasa, sebab dada terasa nyeri tak hanya menandai tingginya kolesterol tetapi juga terjadi sesuatu pada jantung maupun lambung. Apabila merasakan hal ini, segeralah periksa atau cek darah serta konsultasikan pada dokter spesialis penyakit dalam.

Tengkuk kaku dan pegal

Penyebab tengkuk terasa kaku dan pegal, salah satunya disebabkan penumpukan plak kolesterol dalam darah. Meskipun bukan satu-satunya alasan, tetapi Anda perlu mewaspadai kondisi ini. Sebab aliran darah ke otak akan terhambat maka akan terasa mengganggu.

Mengalami xanthomata

Xanthomata adalah pembengkakan yang terlihat pada kulit akibat penumpukan kolesterol. Warnanya kekuningan dan bentuknya bulat kecil. Seseorang dengan kolesterol tinggi akan menemukannya di kulit.

Muncul xanthelasma di bawah mata

Kolesterol tinggi, paling valid dibuktikan dengan pengecekan laboratorium. Anda juga dapat mengeceknya sendiri di rumah dengan alat simple. Alat tersebut dapat juga sekaligus mengecek kadar gula darah dan asam urat.

Nah, kolesterol tinggi juga dapat ditandai dengan munculnya xanthelasma atau bercak-bercak kuning di kelopak mata bagian bawah.

Urat menggumpal

Kolesterol tinggi, disamping disebabkan pola makan tidak sehat juga dapat disertai faktor genetik. Ini dapat dikenali dengan menemukan gumpalan pada urat. Ukurannya tidak besar, hanya setengah biji kacang.

Berapa kadar kolesterol normal? Ketika mengalami tanda-tanda di atas, Anda perlu sekali mengecek kadar kolesterol. Apabila angka menunjukkan di atas 240 mg/dl, maka dapat dikatakan mengalami kolesterol tinggi.

Kolesterol tinggi membuat Anda tidak nyaman dalam beraktivitas. Oleh sebab itu perlu menempuh cara untuk menurunkan kadar kolesterol seperti mengonsumsi makanan tinggi kandungan magnesium, serat, rendah kalori, hindari konsumsi makanan mengandung lemak trans, dan rajin berolahraga. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel.