Mengapa Kolesterol Bisa Naik Saat Puasa? Ini Penjelasan Ahli
Ilustrasi (Negative Space/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Walaupun sedang berpuasa, beberapa orang kerap mengeluhkan bahwa kolesterol di dalam tubuhnya justru meningkat. Lalu apa sebenarnya yang jadi penyebab kolesterol naik saat berpuasa?

Dilansir dari berbagai sumber, bahwa kolesterol tinggi dapat dianggap sebagai faktor risiko penyakit kardiovaskular yang dapat diobati seperti serangan jantung dan juga stroke. Hal yang sama juga ditemui dalam penelitian Framingham Heart yang menemukan bahwa kadar kolesterol darah dan trigliserida yang tinggi bisa berhubungan dengan penyakit jantung.

Perlu Anda ketahui bahwa asupan makanan tinggi kolesterol bukan penyebab kadar darah tinggi. Menurut studi dari Ancel Key’s original Seven Country Studies telah menunjukkan bahwa berapa banyak kolesterol yang Andaa makan, sangat sedikit hubungannya dengan jumlah kolesterol dalam darah.

Diet Rendah Lemak dan Kolesterol

Jika kolesterol baik atau dapat disebut High Density Lipoprotein (HDL) semakin rendah, maka risiko penyakit kolesterol dapat semakin meningkat. Perlu diketahui, bahwa berbagai obat yang dapat meningkatkan kolesterol baik, tidak dapat melindungi Anda dari penyakit jantung. Beberapa tahun lalu, Pfizer yang merupakan salah satu perusahaan farmasi terbesar, telah meneliti obat untuk meningkatkan kadar HDL secara signifikan yaitu torcetrapib. Namun, obat tersebut dapat meningkatkan angka kematian hingga 25 persen.

Trigliserida

Selama berpuasa, salah satu jenis lemak di dalam darah yaitu trigliserida mengalami penurunan kadar. Padahal, Kadar pada trigliserida ini sangat sensitif terhadap pola makan. Namun, bukan berarti dapat menurunkan lemak makanan atau kolesterol. Faktor utama yang menurunkan jenis lemak tersebut adalah jika Anda mengurangi karbohidrat. Menurut jurnal penelitian Karger, bahwa sebanyak 32 laki-laki dewasa yang telah berpuasa, telah mengalami turunnya kadar trigliserida hingga 30 persen. Maka dari itu, berhati-hatilah.

Kolesterol LDL

Kolesterol jahat atau biasa disebut Low Density Lipoprotein (LDL) dapat tinggi saat puasa dan dapat menumpuk di dinding pembuluh arteri. Hal ini dikarenakan bahwa kolesterol jahat memiliki fungsi yang dapat membawa kolesterol ke seluruh tubuh melalui pembuluh darah arteri. Anda dapat menurunkan LDL dengan membakarnya. Namun, sebelumnya Anda perlu mengurangi asupan gula karena jika Anda mengonsumsi gula. Maka, Anda hanya akan membakar gula pada tubuh.