Rekomendasi Buah-buahan yang Bermanfaat Mengatasi Sembelit atau Konstipasi
Ilustrasi buah untuk sembelit (Lisa Fotios/Pexels)

Bagikan:

PALEMBANG - Sembelit atau konstipasi adalah salah satu masalah pencernaan yang sering dialami orang. Sembelit merupakan tumpukan karena menumpuknya kotoran. Kondisi ini membuat penderitanya mengalami susah buang air besar. Semua orang pasti pernah mengalami hal.

Mulai dari bayi hingga orang dewasa. Kurangnya konsumsi makanan yang mengandung serat menjadi penyebab utama terkena dampak. Kekurangan cairan, olahraga, stres, selesai operasi, hingga efek obat juga menjadi alasan lain. 

Saat, penderita akan merasakan kurang nyaman di bagian perut, seperti sakit, kembung, begah, dan mual. Untuk itu, harus segera diobati. Jika dibiarkan terlalu lama, kemungkinan besar tindakan operasi harus dilakukan untuk membersihkan kotoran dalam usus.

Nah, hal yang terjadi Anda bisa mencoba cara mudah mengobati dengan mengonsumsi buah-buahan tinggi serat. Apa saja? Mari simak ulasannya berikut ini.

Alpukat

Alpukat  merupakan buah dengan kandungan lemak baik yang dapat mengobati penyakit. Lemak baik telah teruji secara klinis dapat melumasi dan mengotori kotoran yang tersumbat di saluran pencernaan, sekaligus mampu membersihkan usus.
Anda bisa mengolah alpukat menjadi jus tanpa tambahan gula dan susu, smoothies, atau dimakan langsung untuk menghilangkan.

Apel dan pir

Selain mencegah kanker, apel dan pir juga dapat Anda konsumsi untuk menghilangkan. Senyawa serat, sorbitol, serta fruktosa terdepresiasi mendebarkan. Selain kaya akan serat, kandungan air dalam dua buah ini juga mampu meringankan beban pikiran untuk mendorong keluarnya kotoran serta mencegah di kemudian hari. 

Anda disarankan untuk mengonsumsi apel dengan beserta kulitnya, karena kandungan nutrisi serta vitamin paling banyak terdapat di kulit. Hanya saja, Anda perlu mengetahui dengan pasti  cara membersihkan kulit apel  dari lilin yang membungkus.

Kiwi

Selain mengandung vitamin C yang baik untuk daya tahan tubuh, kiwi pun juga buah yang baik untuk pencernaan. Dalam 100 gram kwi, terdapat dua hingga tiga gram serat yang dapat membantu dapur menjelaskan. 

Kiwi juga mengandung actinidine yang merupakan enzim untuk memperlancar saluran pencernaan bagian atas. Fitokimia dalam kiwi pun fungsinya sama untuk memperlancar BAB.

Anda bisa menjadikan kiwi sebagai makanan untuk sarapan atau cemilan saat teman menonton.

Anggur

Anggur merupakan buah untuk banyak karena kaya akan serat dan mengandung air. Jika Anda tidak sempat membeli apel atau merasa ribet untuk mencuci apel, Anda bisa memilih anggur. 

Jeruk

Sembelit juga dapat diatasi dengan rajin konsumsi jeruk. Semua jenis jeruk dapat dihilangkan. Kandungan vitamin C, senyawa naringenin, serta asam sitrat dalam jeruk mampu meningkatkan penglihatan sehingga dapat segera terobati. Jika Anda memiliki GERD, batasi konsumsi jeruk agar tidak memicu peningkatan asam lambung.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI .