Wortel Bisa Dikonsumsi dalam Keadaan Mentah, Berikut Manfaatnya bagi Kesehatan Tubuh
Ilustrasi Wortel (Mali Maeder/Pexels)

Bagikan:

PALEMBANG - Wortel yang terkenal sebagai sayuran yang memiliki manfaat bagi kesehatan mata. Sudah banyak yang tahu kalau wortel tinggi akan kandungan vitamin A.

Namun, tahukah Anda kalau wortel juga mengandung potasium dan vitamin C? Maka dari itu, sayuran satu ini sangat baik jika diolah menjadi lauk, tapi manfaat lebih dari wortel bisa Anda dapatkan jika dikonsumsi mentah.

Melansir Healthline, Rabu, 24 Februari, berikut ragam manfaat kesehatan yang bisa didapatkan dari mengonsumsi wortel mentah. 

Peningkatan Kekebalan Tubuh

Manfaat wortel mentah pertama yaitu mampu meningkatkan kekebalan tubuh. Fungsi dari vitamin A dan C yang terdapat dalam wortel dapat melindungi sel kekebalan dari kerusakan radikal. Selain itu, wortel mentah juga kaya vitamin B6 yang diperlukan tubuh merespons kekebalan tubuh secara maksimal. Jadi, jika Anda ingin meningkatkan proteksi kesehatan tubuh, konsumsilah wortel mentah.

Menyehatkan Mata

Baik wortel mentah maupun jus wortel sangat bermanfaat untuk kesehatan mata. Vitamin A yang terdapat pada wortel mampu menurunkan risiko rabun mata hingga katarak.

Mencegah Berbagai Jenis Kanker

Manfaat wortel bagi kesehatan yaitu melindungi tubuh dari risiko penyakit kanker. Sebuah studi yang dilakukan pada tabung reaksi menunjukkan bahwa sel leukemia yang dicampur dengan ekstrak wortel mental selama 72 jam dapat mematikan sel kanker tersebut dan siklus pertumbuhan sel.

Kaya akan Gizi

Tidak hanya wortel mentah, manfaat jus wortel bagi kesehatan tubuh yaitu untuk memenuhi kebutuhan. Dalam segelas jus wortel, terdapat banyak nutrisi seperti kalori, protein, lemak, karbohidrat, gula, vitamin A, vitamin B6, vitamin C, kalium, dan vitamin K. Sebagai tambahan, wortel juga memiliki pigmen karotenoid lutein dan zeaxanthin yang berfungsi sebagai antioksidan dalam tubuh.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI .