Hari Sepeda Dunia; Anies Baswedan Kayuh Sepeda Bersama Dubes Belanda Mengelilingi Ibukota
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (Foto: Instagram)

Bagikan:

PALEMBANG - Anies Baswedan, Gubernur DKI Jakarta, kayuh sepeda bersama Lambert Grijns Duta Besar Belanda pada hari Kamis, 3 Juni untuk menyambut hari sepeda dunia. Mereka mengelilingi rute Bundaran Senayan sampai Balai Kota Jakarta dengan mengenakan batik.

Anies yang tiba di Bundaran Senayan pukul 06.45 WIB dengan mengenakan pakaian batik berwarna merah duduk di atas sadel sepedanya, disambut oleh Dubes Belanda yang tiba lebih dulu di tempat yang sudah ada.

Anies Mengajak Masyarakat Mengenal Sepeda Sebagai Alat Transportasi

Saat di Bundaran Senayan, Anies menyebut dirinya dan Dubes Belanda yang mengenakan batik saat bersepeda untuk menuju tempat kerja, adalah untuk membangun pandangan bahwa bersepeda jangan dianggap sebagai olahraga saja tapi sebagai alat transportasi.

"Karenanya sepeda gak perlu sepeda khusus, gak harus sepatu khusus, sepeda bisa apa saja, pakaian bisa dipakai sehari-hari. Dan bersepeda pakai helmnya," kata Anies di lokasi.

"Di hari sepeda sedunia ini mari bersepeda ke tempat kerja dan bersepeda dengan bersepeda. Saya juga seperti itu, hari ini saya juga bukan olahraga tapi seragam hari ini yakni batik," tambahnya.

Anies Baswedan Ingin Pemprov Menyediakan Infrastruktur Bersepeda

Tujuan dari ajakan itu, kata Anies, adalah semata-mata agar warga Jakarta lebih sehat jasmani dan rohani.

"Pesan utama kota ini akan sehat warganya jika lebih banyak jalan kaki dan naik sepeda karena itu disediakan oleh pemprov dan jalur sepeda nah harapannya dua pihak kerja sama, kami Pemprov menyiapkan infrastruktur, masyarakat bangkitkan kebiasaan," ucap Anies.

Tak hanya bersama Dubes Belanda, Anies turut mengundang Dubes Denmark yang diwakili oleh staf bengkel. Ia juga mengajak Barullah Akbar sebagai anggota V BPK RI, serta komunitas sepeda untuk kembali gowes ke Balai Kota.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI .