Awas! Jangan Simpan 5 Bahan Makanan Ini di Kulkas
Lustrasi menyimpan bahan makanan dalam kulkas (Pexels/Max Vakhtbovych)

Bagikan:

PALEMBANG - Kulkas atau lemari sebagai tempat penyimpanan makanan dan minuman. Dengan adanya kulkas, kita tidak perlu lagi ketakutan makanan akan basi atau rusak. Selain itu, kita juga tidak perlu bolak-balik ke supermarket untuk membeli makanan .

Namun Anda perlu tahu ada beberapa makanan yang tidak dapat disimpan dalam kulkas. Sebab tekturnya yang unik bisa rusak atau bahaya bagi kesehatan . Selain itu, makanan tertentu yang baik tidak disimpan di kulkas karena bisa merusak rasa makanan lain dalam kulkas. Apa saja makanan tersebut, berikut asumsi.

Tomat

Jika meletakkan tomat dalam lemari pendingin, maka proses pematangan akan berhenti dan mengalami perubahan rasa. Ini disebabkan perubahan struktur kimia, yaitu senyawa volatil yang akan memengaruhi rasa.

Tekstur dan warna akan terlihat suhu suhu kulkas. Suhu kulkas dibawah 5 derajat selsius dapat mengubah tekstur buah menjadi lebih lembut.

Kentang

Kentang memang harus disimpan di tempat sejuk dan dingin. Baiknya disimpan dengan dibungkus kertas atau kantong berlubang agar tetap kering.

Apabila disimpan di kulkas, tepung kentang akan menjadi gula sehingga teksturnya pun berubah. Warna berubah dan rasanya akan lebih manis setelah matang. 20 Apr 2021 15:59

Bawang merah

JIka bawang merah belum dikupas butuh disimpan di tempat kering dan sejuk dengan sirkulasi udara yang baik, bukan di kulkas. Menurut National Onion Association, satu-satunya bawang merah yang bisa disimpan di kulkas, adalah yang sudah dikupas.

Kulkas dengan alasan agar kandungan udara tetap tinggi dan terendah. Dan lagi, menyimpan bawang merah kupas di kulkas yang perlu memastikan wadah tetap kering. Jika sudah dipotong atau diiris tipis, simpan dalam wadah tertutup. Ini bisa tahan hingga tujuh hari.

Sedangkan bawang putih, jika ditaruh di kulkas akan jadi lapuk. Cara terbaik menyimpan bawang putih pada suhu ruangan di wadah yang kering dan gelap serta memiliki sirkulasi udara yang cukup.

Roti

Kulkas adalah tempat untuk menyimpan berbagai jenis roti. Roti berbahan tepung dan margarin akan mengering dan keras jika disimpan di kulkas. Itu berarti, menyimpan roti di lemari berpendinging dapat merusak tekstur dan rasanya.  

Pisang

Meletakkan pisang setelah matang ke dalam kulkas bisa membantu makanan ini tetap matang selama beberapa hari. Lebih dari tiga hari, kulitnya akan menghitam meskipun buahnya tetap terjaga. Tapi, jika meletakannya saat masih mentah, buah ini enggak akan pernah matang.

Paling tepat menyimpan pisang, simpan pada suhu ruangan dengan menutup kertas bagian bonggolnya. Ini bertujuan membebaskan pematangan sehingga enggak mudah busuk.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri di VOI. Artikel ini pernah tayang sebelumnya di VOI .