3 Cara Menyimpan Tepung yang Benar Supaya Awet dan Tidak Berkutu
Ilustrasi cara menyimpan tepung agar awet (Unsplash/Ben McLeod)

Bagikan:

PALEMBANG- Makanan perlu disimpan dengan cara yang tepat agar awet dan tahan lama. Dengan begitu sekaligus anda telah menghemat uang belanja. Semakin tepat cara menyimpannya, maka semakin sedikit bahan dapur yang terbuang. Untuk menyimpan tepung perlu bagaimana wadah yang tepat, suhu, dan penyebab tepung tidak awet dan berkutu.

Menjaga tepung tetap segar sebelum dimasak, dilansir  All Recipes , Sabtu, 16 Oktober, artinya memastikan kualitas masakan Anda nanti. Agar tidak tengik dan berkutu, berikut tips menyimpan tepung dengan tepat.

1. Simpan tepung dalam suhu dingin

Suhu hangat hingga panas membuat tepung mudah tengik. Sama seperti cara menyimpan makanan berbahan tepung, disarankan untuk disimpan di tempat yang dingin. Jika  freezer  masih ada tempat, disarankan untuk menyimpannya di sana. Bisa juga menyimpan tepung di tempat yang sejuk apabila tepung yang disimpan banyak disimpan.

2. Simpan tepung dalam wadah kedap udara

Tepung yang sudah dibuka dari kemasannya, disarankan disimpan dalam wadah kedap udara. Ini karena tepung menyerap bau, artinya pastikan wadah tidak menyisakan aroma sabun.

Jika disimpan dalam wadah kedap dan tidak terpapar udara, tepung akan awet lebih lama.

3. Pastikan terhindar dari paparan cahaya

Selain tempat kedap udara, musuh utama tepung adalah cahaya. Cahaya dapat mendorong oksidasi dan menjadikan tepung mudah berbau tengik.

Selain cara menyimpan tepat, Anda juga perlu mengetahui kapan perlu membuang  stok  tepung di rumah. Untuk tepung putih dapat disimpan hingga 3 bulan pada suhu ruangan. Jika disimpan dalam lemari pendingin atau  freezer  bisa bertahan hingga 2 tahun.

Sedangkan tepung gandum utuh atau tepung gandum lembut bisa disimpan selama 1 bulan pada suhu ruangan. Jika disimpan pada suhu dingin, tepung gandung bisa bertahan 3 hingga 6 bulan.

Ketika tepung sudah berbau serta dihinggapi serangga, maka Anda perlu membuangnya untuk menjaga kualitas bahan makanan yang akan diolah di rumah.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel .