Ingin Menghilangkan Kantung Mata, Lakukan 12 Cara Alami Berikut Ini
Ilustrasi Kantung Mata Hitam (Fotografiere/Pexels)

Bagikan:

PALEMBANG - Bagi yang kerap begadang atau tidur larut malam, pasti sangat akrab dengan kantung mata. Munculnya kantung di bawah mata tidak menimbulkan rasa sakit.

Meski acap kali penanda atau gejala penyakit penyakit tertentu, tetapi kebanyakan penyebabnya karena kurang tidur atau sesudah menangis. Selain itu, hadirnya kantung mata juga akan menganggu penampilan wajah anda.

Tidak peduli dengan kesalahan kantung di bawah mata, Anda dapat mempraktikkan tips alami untuk menghilangkan kantung mata di bawah ini.

Kompres dingin

Suhu ingin dapat mengurangi pembengkakan ringan yang muncul di bawah mata. Disamping itu mengompres dingin juga dapat memperkecil pembuluh darah sehingga mengurangi gurat-gurat berwarna gelap.

Kompres dengan kantung teh

Kantung teh hijau setelah diseduh beberapa menit dan didinginkan dapat dikompres ke bawah mata yang bengkak. Menurut penelitian, teh hijau berfungsi sebagai anti-inflamasi.

Memakai irisan mentimun

Sebenarnya, memakai irisan mentimun enggak instan menghilangkan kantung mata. Tetapi dengan memakai irisan mentimun, area sekitar mata lebih terlihat  segar  karena timun banyak mengandung air dan vitamin C. Agar kandungannya bisa  mentransfer  ke kulit, iris tipis dan tempelkan selama 30 menit.

Oleskan gel lidah buaya

Seperti yang diketahui secara luas, lidah buaya mengandung vitamin yang baik untuk kulit terutama kulit pada wajah. Kandungannya antara lain vitamin E, A, dan C. Jika muncul mata panda dan kantung di bawah mata, Anda dapat mengoleskan gel lidah buaya dan bilas bersih setelah 15 menit. 

Cukup minum air mineral

Bisa jadi kantung mata muncul karena dehidrasi. Maka, tambah air mineral agar berangsur-angsur kantung mata menghilang secara alami.

Cukup tidur

Setelah begadang dan setelah menyelesaikan tugas sehingga enggak bisa mendapatkan tidur yang cukup, maka atur pola tidur Anda kembali. Pastikan Anda mendapatkan tidur berkualitas dengan durasi yang cukup.

Konsumsi makanan mengandung kolagen

Persoalan di kulit wajah, kolagen adalah kunci untuk mengatasinya. Kolagen dapat melembabkan dan meregenerasi kulit secara efektif. Kolagen dapat diproduksi untuk Metabolisme tubuh bekerja dengan baik.

Nah , tak ada salahnya jika mengonsumsi jeruk, jambu biji, dan  stroberi untuk  meningkatkan kekencangan kulit dan perbaikan jaringan kulit wajah.

Makan makanan tinggi zat besi

Kantung mata bisa muncul karena anemia. Maka untuk menghilangkannya, Anda dapat makan makanan tinggi kandungan zat besi seperti ikan, kacang polong, sayuran hijau, daging merah, dan aprikot.

Mengoleskan minyak almond

Minyak almond mengandung vitamin E yang dapat mengurangi warna gelap di bawah mata sekaliguskantung. Untuk mendapatkan hasil maksimal, oleskan pada malam hari sebelum tidur atau ketika tidak memakai riasan.

Senam mata

Terlalu lama melihat layar gawai atau laptop dapat menyebabkan kantung mata. Untuk menghilangkannya, Anda dapat melakukan senam mata. Senam mata bisa dilakukan dengan mengarahkan kornea ke kiri, kanan, atas, dan bawah bergantian dengan hitungan.

Memakai masker putih telur

Putih telur bisa berfungsi mengencangkan kulit. Apabila mata berkantung dan mengendur, bisa mencoba memakai masker putih telur. Cara memakainya cukup sederhana, yaitu dengan mengoleskan putih telur kemudian diamkan hingga 20 menit dan bilas dengan air hangat hingga bersih.

Oleskan madu

Tidak hanya memberikan energi yang cukup, madu juga dapat membantu regenerasi kulit serta mengatasi kantung mata. Hasil akan lebih efektif mengoleskan madu sebelum tidur.

Ingin mencoba salah satunya? Apabila telah mempraktikkan cara alami di atas namun tidak menghilangkan kantung mata, maka kunjung untuk periksa ke dokter. Sebab, kantung mata bisa jadi satu gejala yang perlu dilihat medis.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri. Artikel ini pernah tayang di VOI .