7 Cara Menghilangkan Kerutan di Bawah Mata agar Tetap Awet Muda
Cara menghilangkan kerutan di bawah mata (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Seiring bertambahnya usia, garis-garis kerutan di wajah akan semakin terlihat. Salah satu yang kerap dikeluhkan adalah kerutan di bawah mata. Kondisi ini tentunya bisa mengganggu penampilan yang kadang bikin kurang percaya diri. Bagi yang mengalaminya, ada beberapa cara menghilangkan kerutan di bawah mata yang bisa Anda lakukan. 

Munculnya kerutan di bawah mata memang menjadi tanda penuaan yang terjadi ketika usia kian bertambah. Banyak orang mengeluhkan kondisi ini karena membuat wajahnya seakan-akan terlihat lebih tua. Lantas bagaimana cara menghilangkan kerutan di bawah mata yang perlu Anda terapkan?

Cara Menghilangkan Kerutan di Bawah Mata

Adanya kerutan di bawah mata mungkin bisa disebabkan oleh faktor lain selain karena usia yang bertambah tua. Garis-garis kerutan tersebut juga bisa disebabkan karena gaya hidup yang tidak sehat, paparan sinar UV, hingga kebiasaan merokok. 

Bagi Anda yang mengeluhkan kondisi tersebut, berikut ini sejumlah cara menghilangkan kerutan di bawah mata yang mungkin dapat Anda coba:

Menggunakan Tabir Surya secara Rutin

Salah satu langkah yang bisa Anda praktikan untuk mengatasi kerutan di bawah mata adalah dengan menggunakan tabir surya. Paparan sinar UV bisa membuat kulit wajah mengalami penuaan lebih cepat. Untuk menghindari hal itu, sebaiknya Anda memakai tabir surya secara rutin setiap hari. 

Anda bisa mengoleskan tabir surya setiap akan beraktivitas di luar rumah. Tabir surya bisa melindungi kulit wajah Anda dari paparan sinar matahari sehingga membantu mencegah munculnya kerutan di bawah mata. 

Menggunakan Madu

Cara lain yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan kerutan di bawah mata adalah dengan memanfaatkan madu. Anda bisa mengoleskan madu mentah di area kulit di bawah mata. Selain itu, penggunaan madu juga bisa dicampurkan dengan tepung beras supaya hasilnya lebih maksimal. 

Madu menyimpan kandungan yang dapat membantu mengencangkan dan mencerahkan kulit. Sementara tepung beras mengandung antioksidan yang bisa menghidrasi kulit dengan baik. 

Menggunakan Minyak Kelapa

Minyak kelapa juga menjadi bahan alami lainnya yang bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan kerutan di bawah mata. Anda bisa mengoleskan minyak kelapa di area bawah mata dan memijat bagian tersebut secara perlahan. Supaya hasilnya bisa lebih maksimal, sebaiknya Anda melakukannya setiap malam sebelum tidur. 

Minyak kelapa mengandung vitamin E dan antioksidan yang dapat membantu mengurangi kerutan di bawah mata. Selain dengan mengoleskannya, Anda juga bisa memakai masker yang terbuat dari minyak kelapa dan kunyit. 

Menggunakan Minyak Zaitun

Cara alami lainnya yang bisa dilakukan untuk menghilangkan kerutan di bawah mata adalah dengan menggunakan minyak zaitun. Di dalam minyak zaitun terkandung vitamin E dan C yang dapat berperan menghilangkan kerutan di bawah mata. 

Anda bisa mengoleskan minyak zaitun yang dicampur satu sendok teh jus lemon segar di area bawah mata. Diamkan selama 15 menit, kemudian cuci wajah Anda memakai air hangat. 

Eksfoliasi untuk Merangsang Sel Kulit Baru

Anda juga bisa menghilangkan kerutan di bawah mata dengan metode eksfoliasi. Cara ini berfungsi untuk merangsang sel kulit baru, sehingga dapat mengelupas kulit kering yang muncul di area mata. Namun pastikan untuk menggunakan produk yang khusus diperuntukkan buat eksfoliasi. 

Memijat Area Kulit di Bawah Mata

Memijat area kulit di bawah mata juga menjadi cara untuk menghilangkan kerutan. Memijat wajah berfungsi untuk meningkatkan sirkulasi darah dan oksigen di kulit. Selain itu, pijatan wajah juga bisa membuat produk kecantikan yang Anda pakai dapat menyerap dengan baik. 

Menggunakan Produk Skincare Mengandung Retinoid

Cara lainnya yang bisa Anda terapkan untuk menghilangkan kerutan di bawah mata adalah dengan menggunakan produk skincare yang mengandung retinoid. Anda mungkin bisa memakai moisturizer, masker mata, face oil, krim mata, hingga retinol untuk perawatan di area kulit di bawah mata. 

Demikianlah beberapa cara menghilangkan kerutan di bawah mata yang bisa Anda praktikkan. Anda bisa mengatasi kerutan dengan metode alami atau secara medis. Baca juga jenis-jenis filler wajah untuk menjaga kecantikan.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan kabar terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.