Masjid Agung Palembang Gelar Tarawih Tanpa Batas Jamaah, Durasi Salat Dipersingkat dan Tanpa Kultum
Masjid Agung Palembang (Aziz Munajar/Antara)

Bagikan:

Ibadah salat tarawih mulai digelar serentak pada Senin malam, 12 April 2021. Prosesi tarawih kali ini berbeda dengan sebelum-sebelumnya karena kondisi pandemi COVID-19.

Selama Ramadhan 2021 , Masjid Agung Palembang m empercepat durasi salat yang diduga 23 rakaat. Selain itu, bacaan sunah imam juga dikurangi.

Ahmad Samubi, Ketua Yayasan Masjid Agung Palembang Ahmad mengungkapkan untuk jumlah rakaat salat Tarawih tidak diubah oleh pihaknya. Sama seperti tahun sebelumnya. Sementara waktunya maksimal hanya sampai pukul 20.30 WIB.

 Biasanya imam khatam satu juz dalam 23 rakaat Tarawih, sekarang satu juz dibagi dari Maghrib, Isya ', Tarawih sampai Salat Subuh dan itu selama 30 hari, " tuturnya, Senin, 12 April 2021, di Palembang .

Jamaah Tarawih Masjid Agung Palembang Diberi Jarak Satu-Dua Meter

Pelaksanaan salat Tarawih tersebut diberi tidak diberlakukan kuota jamaah. Sebab kapasitas masjid memiliki daya tampung yang cukup banyak untuk salat Tawarih, yakni mencapai 1.000 orang.

Pihaknya juga tetap mematuhi protokol kesehatan. Guna penyebaran penyebaran COVID-19, tiap-tiap jamaah diberi jarak satu hingga dua meter.

Pemenuhan Protokol Kesehatan Kepada Tiap Jamaah

Pihaknya memastikan bahwa salat Tarawih di Masjid Agung Palembang taat protokol kesehatan COVID-19, para remaja masjid telah diintruksikan untuk saya ngamati jamaah tiap jamaah yang datang, agar diukur suhu tubuh dan wajib memakai masker.

Selain ITU, remaja masjid also MENYEDIAKAN Cairan Pembersih serbi di Pintu-Pintu MASUK masjid , Serta jamaah Diminta menggunakanya SETIAP kali akan Beribadah.

Kultum di Masjid Agung Palembang Tidak Digelar

"Untuk kultum Tarawih tidak digelar karena masjid agung memang tidak pernah menyelenggarakan kultum Tarawih," ujarnya .

Ia menyatakan , pada saat Ramadhan, Masjid Agung Palembang hanya saya ngadakan ceramah di setiap selesai melaksanakan Salat wajib . N amun khusus Ramadhan kali ini waktunya juga dipersingkat dari 30-45 menit menjadi hanya 15 menit.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri di  VOI .