Siapkan Dana Rp12 Miliar, Pemkab OKI Fokus Perbaiki Jalan di 2021
Ilustrasi Jalan Rusak (Foto dari Antara)

Bagikan:

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ogan Komering Ilir (OKI), Sumatera Selatan, bergerak cepat membenahi ruas jalan yang rusak di daerah tersebut. Anggaran yang telah disiapkan Pemkab sejumlah Rp13 miliar.

Kecamatan yang menjadi prioritas perbaikan jalan, yakni Cengal. Hal itu disampaikan oleh Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten OKI, Hafidz, di Kayuagung pada hari Sabtu.

“Kami sedang proses lelang untuk penunjukan penyedianya. Targetnya awal April sudah bisa pengerjaan,” tuturnya.

Pemantauan jalan yang berpotensi rusak sudah dilakukan oleh pemkab OKI. Hafidz juga mengungkapkan beberapa titik yang disoroti karena kerusakan adalah ruas Talang Jaya-Cengal.

Lebih lanjut, ia mengatakan ruas jalan sepanjang 1,3 kilometer tersebut sudah diperbaiki oleh pemkab pada tahun lalu. Namun proyek perbaikan jalan harus dilakukan secara berangsur karena keterbatasan anggaran.

“Ruas jalannya panjang sehingga membutuhkan dana yg besar untuk peningkatan hingga cor beton,” ungkapnya.

Program Perbaikan Jalan Menjadi Fokus Tahun 2021

Hafidz juga menyampaikan program perbaikan fasilitas jalan masih menjadi fokus pemkab di tahun 2021.

“Setiap tahunnya kita selalu memfokuskan di beberapa titik di dua kecamatan tersebut karena kondisi jalan sangat parah,” terangnya.

Pembangunan jalan akan dilakukan secara bertahap mengingat kondisi jalan yang masih berupa tanah merah. Tahap pertama akan dilakukan pengerasan, kemudian baru pembangunan cor beton.

Pembangunan bertahap secara khusus ditujukan pada ruas Kecamatan Sungai Menang sampai Cengal juga Tulung Selapan.

Dana pembangunan pengecoran jalan membutuhkan biaya hingga Rp5 miliar per kilometer. Rencananya target perbaikan jalan tahun ini sepanjang 30 kilometer.

Tidak hanya untuk perbaikan, anggaran pembangunan infrastruktur tahun ini juga dialokasikan untuk pemeliharaan dan perawatan jalan kabupaten yang panjangnya mencapai 500 kilometer.

Titik jalan yang mendapat perawatan berada di Kecamatan Mesuji, Lempuing, Lempuing Jaya dan lainnya yang diperkirakan pengerjaan pada April mendatang.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri di VOI.