Deretan Wisata Sejarah di Sumatera Selatan yang Wajib Dikunjungi Saat Berpakansi
Rumah Limas/ilustrasi. (Instagram/@palembanginfo).

Bagikan:

SUMATERA SELATAN – Mengunjungi objek wisata sejarah saat libur akhir pekan sangat bermanfaat. Selain untuk melepas penat, wisatawan juga mempelajari sejarah bangsa secara langsung dengan melihat bukti-bukti otentik yang ada ditempat bersejarah tersebut.

Nah, Provinsi Sumatera Selatan memiliki destinasi wisata sejarah yang tidak kalah bagus dengan objek wisata lainnya. Apa saja? Berikut informasi lengkapnya.

Wisata Sejarah di Sumatera Selatan

Dihimpun VOI dari berbagai sumber, berikut objek wisata sejarah di Sumsel yang cocok dikunjungi saat libur akhir pekan.

1.      Benteng Kuto Besek

Benteng Kuto Besek adalah bangunan bersejarah yang berada di Jalan Sultan Mahmud Baharudin, 19 llir, Bukit Kecil, Sumatera Selatan. Benteng Kuto Besek dibangun pada masa Kesultanan Palembang Darussalam.

Proses pembangunannya memakan waktu selama 17 tahun pada abad ke 17 Masehi.

Objek wisata ini biasanya ramai dikunjungi wisatawan pada sore hari, mengingat pengunjung bisa menyaksikan senja yang cantik saat matahari terbenam.

2.      Masjid Cheng Hoo

Berada di kompleks perumahan Amin Mulia, Jakabaring, Palembang, masjid Cheng Hoo didirikan atas prakarsa lembaga Persatuan Islam Tionghoa Indonesia (PITI) Palembang.

Masjid ini didirikan dengan tujuan untuk menjalin hubungan baik antara masyarakat keturuanan Tionghoa dengan warga Palembang.

Masjid Cheng Hoo memiliki 2 lantai dan dapat menampung 600 jamaah.

3.      Rumah Limas

Rumah Limas adalah rumah tradisional Provinsi Sumatera Selatan. Rumah ini kerap digunakan untuk acara hajatan ataupun acara adat karena bangunannya sangat luas.

Rumah limas dibangun dengan menggunakan kayu unglen yang kuat dan tahan air. Kayu unglen sendiri terkenal memiliki nilai ekonomi tinggi.

Rumah tradisional ini sangat cocok diabadikan dalam kamera ponsel maupun digital karena memiliki perpaduan yang harmoni antara kayu dan atap berbentuk limas.

4.      Candi Bumi Ayu

Objek wisata bersejarah ini berada di Kabupaten Muara Enim, Sumsel. Dalam komplek Candi Bumi Ayu terdapat 9 buah candi.

Candi yang merupakan peninggalan agama Hindu ini pertama kali ditemukan dalam kondisi terkubur tanah dan sedikit rusak oleh EP. Tomborin.

Candi tersebut masih terjaga kelestariannya hingga kini. Kendati terlihat seperti gundukan tanah, candi Bumi Ayu memiliki historis yang penuh makna.

Demikianlah 4 objek wisata sejarah di Sumsel. Manakah yang akan menjadi pilihanmu?

Selain informasi seputar objek wisata bersejarah di Sumatera Selatan, simak berita terkini baik nasional maupun internasional hanya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan.