Kartu Merdeka bagi Pengguna LRT Diterbitkan BPKARSS: Program Pembayaran Nontunai Momen HUT RI ke-77
Kepala BPKARSS Dedik Tri Istiantara (dua dari kiri) bersama para pembicara dalam acara Forum Konsultasi Publik (Foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - Kartu Merdeka edisi momen perningatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 RI tahun 2022 segera diterbitkan oleh Balai Pengelola Kereta Api Ringan Sumatera Selatan (BPKARSS).

Dedik Tri Istiantara, Kepala BPKARSS, dalam acara Forum Konsultasi Publik mengatakan kartu Merdeka tersebut difungsikan sebagai alat pembayaran yang memudahkan masyarakat setiap menggunakan moda transportasi kereta api layang ringan atau LRT di Kota Palembang.

Menurut dia, dengan menggunakan Kartu Merdeka masyarakat bisa menggunakan LRT sepuasnya selama satu bulan cukup dengan mengisi ulang saldo senilai Rp30 ribu.

Fungsi Program Kartu Merdeka bagi Pengguna LRT

Selain kemudahan masyarakat mengakses kereta ringan LRT, kata dia, program itu juga bertujuan untuk mendukung Gerakan Nasional Nontunai (GNNT) yang dicanangkan Kementerian Perhubungan.

Sebab, ia menerbitkan publikasi kartu berlangganan tersebut cukup efektif untuk meningkatkan animo masyarakat naik LRT.

Hal tersebut diketahui ketika BPKARSS menerbitkan kartu LRT khusus untuk pelajar dan mahasiswa pada Juni 2022.

Dari penerbitan kartu LRT pelajar itu, terus, BPKARSS mencatat jumlah penumpang dari sebanyak 88 perjalanan LRT per hari saat ini didominasi oleh kalangan pelajar dan mahasiswa hingga 70 persen dari total okupansi mencapai 7-8 ribu orang.

"Dengan kartu itu pelajar dan pelajar cukup dengan  top up   saldo Rp25.000 untuk bisa naik LRT sepuasnya per bulan, itu hanya kita coba melalui Kartu Merdeka ini yang bakal diefektifkan pada 20 Agustus 2022," kata dia.

Rencana Program Pembayaran Nontunai Pengguna LRT

Dedik menjelaskan program tersebut nantinya akan diperluas ke segmen lainnya seperti penerbitan kartu difabel, kartu ASN maupun jenis pekerja lainnya.

Hal tersebut, kata dia, sebagai komitmen BPKARSS untuk meningkatkan kualitas pelayanan transportasi publik yang aman dan nyaman bagi seluruh lapisan masyarakat.

"Sehingga, harapan pelayanan publik yang diberikan oleh kami semakin hari semakin baik dan berkualitas," katanya.

Ikuti terus berita dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel . Kami menghadirkan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkap untuk Anda.