Manparekraf Sandiaga Mendorong Warga Babel Kembangkan Program Desa Wisata
Kunjungan kerja Sandiaga Uno di Kabupaten Bangka Tengah (Foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - Sandiaga Salahuddin Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, mendorong warga di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung untuk bergerak mengembangkan program desa wisata.

Sandiaga mengatakan program desa wisata lebih ditekankan untuk pengembangan berbagai tujuan wisata dan kebangkitan ekonomi kreatif. 

"Tahun ini kita ingin terbuka lapangan kerja baru sebanyak 1,1 juta dan pada 2024 target kami 4,4 juta lapangan kerja baru dengan mengembangkan program seperti desa wisata ini," kata Sandiaga Uno dalam kunjungan kerja di Bangka Tengah, Kamis.

Pengembangan Desa Wisata Dapat Membuat Perekonomian Meningkat

Perekonomian masyarakat akan lebih terlihat grafik meningkat, kata dia, jika fokus pada pengembangan yang berkualitas dan berkelanjutan serta memiliki dampak ekonomi langsung kepada ekonomi lokal.

"Lapangan kerja itu bisa diciptakan oleh pariwisata dan ekonomi kreatif, bahkan bisa mencapai enam kali lipat dibanding di sektor tambang," katanya.

Program desa wisata merupakan tekad untuk membangkitkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

"Selain menarik minat masyarakat, juga dapat membuka lapangan pekerjaan dan peluang usaha lebih banyak," kata Sandiaga.

Anugerah Desa Wisata Indonesia 2022 dari Kemeparekraf

Ia juga mengatakan, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menyelenggarakan Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022 yang merupakan program unggulan dalam rangka menggerakkan ekonomi dan pengembangan pariwisata Indonesia.

"Program ini dibuat untuk menjadi daya ungkit bagi ekonomi desa sekaligus wahana promosi untuk menunjukkan potensi desa wisata di Indonesia kepada wisatawan domestik mau pun mancanegara," ujarnya.

Ikuti terus berita dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel . Kami menghadirkan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkap untuk Anda.