Rute Penerbangan Internasional Segera Dibuka oleh Bandara SMB II Palembang, Menunggu Aturan dari Pemerintah
Eksekutif General Manager Bandara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang (Foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - R Iwan Winata, Eksekutif General Manager Bandara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang, Sumatera Selatan, mengatakan pihaknya akan segera mengoperasikan kembali rute penerbangan internasional.

Kabar pembukaan diketahui diketahui setelah Bandara SMB II masuk dalam daftar penambahan pintu masuk bagi Pelaku Perjalanan Luar Negeri (PPLN), kata R Iwan Winata saat dikonfirmasi di Palembang.

Daftar penambahan pintu masuk PPLN tersebut, lanjutnya, termakub dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 38 tahun 2022.

“Dari daftar 17 Bandara yang dibuka untuk perjalanan luar negeri salah satunya Bandara SMB II di surat Instruksi Mendagri itu,” kata dia.

Aturan Rute Penerbangan di Masa COVID-19

Kendati demikian, menurut dia, pihaknya masih menunggu ketentuan secara resmi dari Pemerintah Pusat, berupa Surat Edaran yang diterbitkan Satgas COVID-19, yakni isinya untuk mengatur seluruh mekanisme dan rencana rute penerbangan internasional dapat dimulai.

“Setelah Surat Edaran itu keluar semuanya, maka maskapai bisa membuka kembali rute penerbangan internasional ini, sebab demand nya sudah ada di antaranya yakni peserta perjalanan umroh, mudah-mudahan secepatnya,” kata dia.

Sementara itu, Ketua Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia (ASITA) Sumatera Selatan Anthon Wahyudi mengaku optimistis dalam waktu dekat rute penerbangan internasional tersebut bisa dibuka kembali, seiring masifnya serbuan vaksinasi COVID-19 kepada setiap target sasaran di daerah ini.

Kunjungan Wisata Perjalanan Mancanegara ke Sumatera

Sehingga, lanjutnya, dengan dibukanya rute tersebut diharapkan jumlah kunjungan perjalanan wisata mancanegara ke Sumatera Selatan ataupun sebaliknya dapat tumbuh kembali menghidupkan usaha kepariwisataan.

“Seperti rute penerbangan langsung dari Palembang ke Malaysia, sehingga Sumatera Selatan akan mudah dikunjungi baik oleh pelancong, pebisnis dan lainnya,” kata dia.

Ikuti terus berita dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel . Kami menghadirkan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkap untuk Anda.