Pemkab Bangka Dorong Pokdarwis Kembangkan Potensi Wisata agar Dilirik Wisatawan Internasional
Bupati Bangka Mulkan (Foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - Kelompok sadar wisata (Pokdarwis) didorong oleh Pemkab Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, untuk membantu pengembangan potensi wisata agar dilirik pasar Internasional.

Bupati Mulkan menyatakan mendorong seluruh Pokdarwis yang tersebar di wilayah desa atau lingkungan dapat mengembangkan potensi wisata karena diketahui hampir di setiap wilayah terdapat objek wisata.

Bupati mengatakan Pokdarwis memiliki peran penting sebagai mitra pemerintah dalam memajukan sektor pariwisata daerah ke tingkat nasional atau bahkan Internasional.

"Kita memiliki objek wisata yang hampir merata di wilayah kecamatan seperti pantai, wisata religi dan wisata alam lain yang semuanya belum digarap dengan maksimal," jelasnya.

Pengembangan Wisata di Bangka

Menurut dia, untuk membangun dan mengembangkan pariwisata harus dilakukan bersama-sama mulai dari masyarakat, pemerintah, swasta dan pemangku kepentingan.

"Saya optimis, keindahan wisata alam yang dimiliki Kabupaten Bangka mampu menjadi daya tarik wisatawan baik dalam maupun luar negeri karena panorama alam yang tidak kalah indahnya dengan daerah lain di Indonesia," ujarnya.

Program Pengembangan Pariwisata di Bangka

Ia memastikan berkembangnya sektor pariwisata akan berdampak positif terhadap perkembangan sektor usaha masyarakat. Terdata kurang lebih 12 Pokdarwis sudah terbentuk di beberapa wilayah kecamatan dan desa di Kabupaten Bangka.

Oleh karena itu, Pemerintah Kabupaten Bangka melalui dinas terkait telah menyusun dan menyelenggarakan program kepariwisataan guna meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan.

juga melakukan pembinaan secara komprehensif bagi pelaku usaha di sektor wisata seperti pondok wisata  Homestay  dengan harapan memiliki sistem tata kelola yang baik.

Ikuti terus berita dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel . Kami menghadirkan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkap untuk Anda.