Produksi Karet di Bangka Mencapai 50 Ton Per Tahun, Luas Lahan MengalamI Pengurangan
Petani menyadap karet di Bangka (Foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - Dinas Perkebunan Kabupaten Bangka mencatat kemampuan produksi karet di Kabupaten Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mencapai 50 ton per tahun dari 20 hektare kebun karet di daerah.

"Sampai saat ini kemampuan produksi karet rakyat mencapai 50 ton per hektar tersebar di sejumlah wilayah," kata Kabid Perkebunan Dinas Pertanian Kabupaten Bangka Subhan di Sungailiat, Senin.

Luas Kebun Karet di Bangka

Dia mengakui luas kebun karet rakyat mengalami pengurangan dibandingkan sebelumnya karena terjadi akibat fungsi untuk tanaman komoditas lain yang dianggap lebih menguntungkan.

"Luas kebun karet di Kabupaten Bangka terbilang sedikit dibandingkan dengan luas kebun komoditas yang lain seperti kebun lada atau kelapa sawit serta area persawahan," jelasnya.

Sektor pertanian termasuk komoditas perkebunan terus digalakkan oleh pemerintah daerah Kabupaten Bangka sebagai upaya meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat.

Komoditi Karet Memberi Kontribusi bagi Pendapatan Masyarakat

Subhan menyarankan agar tanaman yang dirawat dengan baik seperti pemupukan yang teratur sesuai kebutuhan agar mendapatkan hasil produksi yang maksimal.

Komidi karet memberikan kontribusi bagi pendapatan masyarakat daerah meskipun volume produksi terbilang rendah dibandingkan daerah penghasil karet seperti Palembang dan daerah lain.

Ikuti terus berita dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel. Kami menghadirkan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkap untuk Anda.