Ratusan Demonstran Tuntut Tambang PT FLBA di Kabupaten Seluma
Demo penolakan tambang pasir besi di Seluma Bengkulu (Foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - Aksi penolakan keberadaan tambang pasir besi di Kabupaten Seluma, Provinsi Bengkulu, dilakukan oleh ratusan orang dari Koalisi Selamatkan Pesisir Barat Sumatera. Tambang pasir besi tersebut milik PT Faming Levto Bakti Abadi (FLBA).

M Frangki Wijaya, Koordinator Lapangan aksi, menyampaikan bahwa aksi tersebut dilakukan untuk meminta Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah agar menindak oknum dan memberhentikan segala aktivitas tambang pasir besi di Pesisir Barat Sumatera.

Kemudian, menuntut PT FLBA yang hingga saat ini telah melakukan perusakan lingkungan serta belum mendapatkan izin lingkungan.

"Kami mengadakan aksi di depan Kantor Gubernur Bengkulu untuk memastikan menyaksikan tambang pasir besi di Pesisir Barat Sumatera," kata Frengki.

Aktivitas Penambangan di Seluma Bengkulu Melanggar UUD

Ia menjelaskan bahwa Gubernur Bengkulu untuk memihak rakyat, bukan membela perusak lingkungan, karena Gubernur Bengkulu dinilai mendukung PT FLBA untuk segera melengkapi berkas perizinan.

Selain itu, meminta agar PT FLBA ditutup secara permanen dan melakukan penyitaan terhadap alat pertambangan PT FLBA.

Kemudian, aktivitas yang dilakukan oleh PT FLBA telah melanggar undang-undang, sehingga pihak aparat keamanan harus menindak dan melakukan sanksi pidana terhadap PT FLBA.

Unjuk rasa Penolakan Aktivitas Penambangan PT FLBA di Seluma Bengkulu

Mendesak Kapolda Bengkulu untuk memproses Kapolsek dan Kapolres Seluma, karena diduga terlibat dalam melakukan aktivitas penambangan PT FLBA.

Unjuk rasa itu dilakukan massa yang mewakili Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) Bengkulu, KANOPI Bengkulu, BEM Universitas Bengkulu, dan enam desa penolak tambang pasir besi di Desa Pasar Seluma yaitu Desa Pasar Seluma, Desa Rawa Indah, Desa Penago Baru, Desa Penago I , Desa Pasar Talo, dan Desa Margo Pari.

Ikuti terus berita dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel . Kami menghadirkan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkap untuk Anda.

Terkait