Tips Membuat Anak Selalu Semangat Berpuasa, Bunda Bisa Lakukan 3 Hal Ini
Ilustrasi anak-anak (Hossein Azarbad/Unsplash)

Bagikan:

PALEMBANG - Waktu Ramadan menjadi momen yang ditunggu oleh para orang tua untuk mengenalkan dan mengajarkan puasa kepada anak. Mungkin  di awal si anak memang belum terlalu ‘antusias’ menjalankan ibadah puasa, ada banyak hal yang bisa Anda lakukan untuk menularkan semangat Ramadan kepadanya. Ini dia beberapa di antaranya:

Menghias rumah dengan pernak-pernik Ramadan

Anak-anak pasti suka dengan perayaan ulang tahun, kan? Biasanya, ia akan terpesona dengan hiasan ulang tahun yang dipasang di sudut rumah, seperti balon, bunting flag, atau pita. Nah, ide ini juga bisa Anda pakai untuk menyambut bulan Ramadan. Buat spanduk mini atau bunting flag bertuliskan “Marhaban Ramadhan”, kemudian gantung di dinding ruang makan. Boleh juga menghiasnya dengan balon dan pita, agar ia semakin bersemangat saat makan sahur dan berbuka puasa.

Rencana buka puasa istimewa

Sejak jauh hari sebelum Ramadan datang, buat rencana bersama si kecil mengenai buka puasa istimewa. Misal, setiap ia berhasil puasa penuh selama 5 hari berturut-turut, Mama akan mengajak ia berbuka puasa istimewa di restoran favoritnya.

Baju koko dan mukena baru

Bukan, ini bukan baju koko atau mukena untuk Lebaran nanti, melainkan untuk beribadah selama bulan Ramadan. Ajak si kecil belanja baju koko atau mukena baru dari sekarang. Keuntungannya, toko-toko dan pusat perbelanjaan masih belum terlalu ramai oleh pembeli.

Ikuti terus berita dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel . Kami menghadirkan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkap untuk Anda.