Cuaca Sumatera Selatan; BMKG Peringatkan Terjadinya Hujan Petir pada Siang hingga Sore
Pengendara menerobos hujan lebat di Palembang, Sumatera Selatan (Foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - Cuaca hujan petir diprediksi bakal terjadi di beberapa wilayah di Sumatera Selatan pada Kamis (24/2) siang hingga sore hari. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan cuaca tersebut bakal melanda tiga kabupaten yakni Lahat, Pagaralam dan Empat Lawang.

Untuk cuaca hujan ringan pada siang hingga sore hari diprakirakan mengguyur wilayah Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan, Muara Enim, Musi Rawas dan Musi Banyuasin.

Adapun cuaca pada pagi hari untuk 17 kabupaten/kota di Sumsel diperkirakan mengalami cerah berawan.

Prediksi Cuaca Hujan Petir di Sumatera Selatan pada Malam Hari

Sedangkan pada malam hari, cuaca diperkirakan berawan hingga berpotensi hujan petir di wilayah Ogan Komering Ilir (OKI), OKU, OKU Timur, Muara Enim, Prabumulih, Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), Musi Rawas dan Musi Banyuasin.

Adapun yang berpotensi hujan ringan pada malam hari di wilayah OKU Selatan, Lahat, Lubuklinggau dan Musi Rawas Utara.

Pada dini hari, cuaca diperkirakan berawan, berpotensi hujan petir di wilayah OKI, Ogan Ilir, Musi Banyuasin, Banyuasin dan Palembang. Sedangkan yang potensi hujan ringan di wilayah Muara Enim, PALI, Prabumulih dan Musi Rawas.

Suhu Udara di Wilayah Sumatera Selatan

Suhu udara di wilayah Sumsel dataran rendah sekitar Palembang, Banyuasin, Musi Banyuasin, Ogan Ilir dan OKI berkisar 23 – 33 derajat celcius.

Suhu udara di wilayah Sumsel dataran tinggi sekitar Pagaralam, Empat Lawang, Lubuk Linggau, Lahat dan OKU Selatan berkisar 19 – 31 derajat celcius.

Angin dari Barat – Utara dengan kecepatan 05 – 25 km/jam.

Tinggi gelombang laut di Selat Gelasa 0,5 – 1,25 meter, di Selat Bangka bagian Utara dan Selat Bangka bagian Selatan 0,1 – 0,5 meter. Cuaca diperkirakan hujan ringan, arah angin dari Barat - Utara dengan kecepatan 08 – 37 km/jam.

Berdasarkan perkiraan cuaca tersebut, BMKG mengeluarkan peringatan dini untuk mewaspadai potensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang berdurasi singkat pada siang hingga sore hari.

Adapun wilayahnya meliputi Lahat, Pagaralam dan Empat Lawang.

Ikuti terus berita dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel. Kami menyajikan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkap untuk Anda.